Datangkan 24 Pelatih Madrid, China Ingin Superpower Di Sepakbola

Ambisi China untuk membangun sepak bolanya sepertinya tak main-main. Negeri Tirai Bambu mendatangkan 24 pelatih akademi Real Madrid untuk melatih pada pemain muda.

Akademi itu dimiliki oleh klub Guangzhou Evergrande. Mereka menjalin kerja sama dengan Real Madrid Foundations untuk memberi latihan serupa dengan para pemain seperti Raul, Iker Casillas, Juan Mata –dan semua alumni akademi Madrid. Guangzhou disebut mempunyai akademi pemain yang paling besar di dunia.

Salah satu pelatih yang didatangkan ke China adalah Javier Moreiras. Dia pun bilang ada suatu hal yang kurang di sepak bola China.

“Mereka butuh, apa yang kami sebut di Spanyol ‘sepak bola di jalanan’. Di China, tak ada anak-anak yang bermain di jalan seperti di Spanyol, Prancis, Italia, dan Inggris,” kata Moreiras di The Sun.

Moreiras juga mewanti-wanti bahwa China mesti bersabar agar ambisinya bisa terwujud. Dia bilang bahwa waktu dua dasawarsa menjadi waktu minimal yang diperlukan untuk membangun tim nasional yang kuat.

“Mereka mesti mulai dari anak-anak. Mungkin 15, 20 tahun, mungkin mereka harus mengubahnya untuk lolos ke Piala Dunia, hanya lolos ke ajang itu,” kata Moreiras.

“Untuk bisa memenangi Piala Dunia itu merupakan dunia yang berbeda,” tambahnya.

Liga China sudah mencuri perhatian sejak bulan Januari lalu. Mereka sudah mendatangkan pemain-pemain top seperti Jackson Martinez, Gervinho, dan Ramires.

Comments
Loading...