David Alaba Disebut sebagai Salah Satu Bek Tengah Terbaik Dunia

Football5Star.com, Indonesia – David Alaba selama ini dikenal sebagai salah satu bek kiri terbaik di dunia. Namun, kini, dia punya predikat baru. Oleh rekannya di Bayern Munich, Joshua Kimmich, dia disebut sebagai salah satu bek tengah terbaik dunia.

Pujian yang disampaikan Joshua Kimmich itu tak terlepas dari penampilan David Alaba akhir-akhir ini bersama Bayern Munich. Dalam tiga laga terakhir Die Roten, pemain timnas Austria itu memang bermain sebagai bek tengah karena Lucas Hernandez dan Niklas Suele cedera, sementara Jerome Boateng terkena skors di Bundesliga 1.

fcbayern.com

Khusus sejak Bayern Munich ditangani Hansi Flick setelah Niko Kovac dipecat, David Alaba ditandemkan dengan Javi Martinez di jantung pertahanan. Hasilnya, tak satu pun pemain Olympiakos Piraeus dan Borussia Dortmund yang mampu menjebol gawang Manuel Neuer.

“Bagiku, dia itu luar biasa sebagai bek kiri. Namun, aku pikir dia juga salah satu bek tengah terbaik dunia,” ucap Joshua Kimmich soal penampilan David Alaba selepas laga Der Klassiker, akhir pekan lalu, seperti dikutip Football5Star.com dari laman resmi Bundesliga.

Pemain timnas Jerman itu menambahkan, “Aku sudah mengatakan itu kepada David. Bahasa tubuhnya luar biasa. Dia sangat baik dalam membangun serangan dari belakang dan tetap tenang saat menghadapi tekanan lawan.”

Bermain sebagai bek tengah bukanlah hal baru bagi David Alaba. Semasa Bayern Munich ditangani Pep Guardiola, dia lumayan sering dipasang di jantung pertahanan dalan formasi tiga pemain belakang. Pada musim 2015-16, 20 dari 30 penampilannya di Bundesliga 1 adalah sebagai bek tengah.

Bayern MunichBundesliga 1David AlabaJoshua KimmichLiga Jerman