David de Gea vs Dean Henderson, Siapa Lebih Baik?

Football5Star.com, Indonesia – Masih pantaskah David de Gea menjadi kiper utama Manchester United? Pertanyaan itu kian menyeruak pada akhir musim 2019-20. Terutama setelah kiper asal Spanyol itu membuat dua kesalahan fatal pada semifinal Piala FA melawan Chelsea. Beberapa pihak menyerukan Red Devils berpaling kepada Dean Henderson.

Dean Henderson jadi “pelarian” para fan Manchester United setelah tampil apik bersama Sheffield United. Tak sedikit dari mereka dengan penuh keyakinan menyebut Henderson lebih baik dari De Gea.

Pertanyaannya, benarkah klaim itu? Untuk menjawabnya, Football5Star.com coba mengupas perbandingan statistik De Gea dan Henderson, terutama sepanjang 2019-20 pada pentas Premier League.


David de Gea - Piala FA - Ole Gunnar Solskjaer - Manchester United - Reuters
reuters.com

Jumlah Kebobolan

Dari jumlah gol yang bersarang di gawang masing-masing, Dean Henderson sedikit lebih baik dari David de Gea. Bersama Sheffield United, dia kebobolan 33 gol. Sementara itu, gawang Manchester United yang dikawal De Gea dibobol lawan sebanyak 36 kali.

Soal hal rata-rata gol per laga, Henderson juga unggul dari De Gea. Kiper Sheffield itu rata-rata kebobolan 0,92 gol per laga, sementara sang kiper MU kebobolan 0,95 gol dalam setiap laga. Henderson kebobolan setiap 98 menit, sedangkan Dea Gea kebobolan setiap 95 menit.


Clean Sheet

Dalam hal membuat clean sheet, David de Gea dan Dean Henderson seimbang. Kedua kiper itu sama-sama 13 kali tak kebobolan sepanjang musim 2019-20 di Premier League. Mereka terpaut 3 clean sheet dari Ederson Moraes, kiper Manchester City, yang tercatat paling sering tak kebobolan musim ini.

Meskipun demikian, Henderson bisa dikatakan lebih baik dari De Gea. Pasalnya, 13 clean sheet dibukukan dari 36 pertandingan atau sebanyak 36,11%. Sementara itu, 13 clean sheet dibukukan De Gea dari 38 laga atau hanya 34,2%.


Jumlah Penyelamatan

Penyelamatan terhadap tembakan yang dilepaskan lawan adalah statistik penting seorang penjaga gawang. Dalam hal ini, perbedaan David de Gea dengan Dean Henderson lagi-lagi tipis saja. Berdasarkan data Premier League, De Gea membuat 96 penyelamatan, sedangkan Henderson 97 penyelamatan.

Akan tetapi, dari rasio penyelamatan, Henderson lebih baik. Dia menyelamatkan 74,6% tembakan yang melesat ke arah gawang Sheffield. Sementara itu, rasio penyelamatan De Gea bersama Manchester United hanya 72,7%.


Dean Henderson menyelamatkan tendangan penalti Gabriel Jesus.
standard.co.uk

Penyelamatan Penalti

Tak banyak penalti yang dihadapi David de Gea dan Dean Henderson sepanjang musim ini. De Gea menghadapi 3 eksekusi, sedangkan Henderson hanya 2 kali. Hasilnya, tak ada penyelamatan yang dilakukan sang kiper MU, sementara sang kiper Sheffield melakukan satu penyelamatan.

Satu hal yang jadi catatan, De Gea ternyata sudah lama tak menggagalkan penalti lawan saat berlaga di Premier League. Penyelamatan terakhirnya adalah terhadap eksekusi Leighton Baines pada 5 Oktober 2014. Setelah itu, 17 eksekusi lawan selalu mampu menggetarkan jala gawang Red Devils.


Blunder Berujung Gol

Untuk statistik yang satu ini, Dean Henderson lebih baik dari David de Gea. Sepanjang musim, dia hanya sekali melakukan blunder yang mengakibatkan gawang Sheffield United kebobolan. Sementara itu, De Gea melakukan dua blunder lebih banyak.

Bila dibandingkan dengan musim sebelumnya, jumlah blunder yang dilakukan De Gea sebetulnya menurun. Pada 2018-19, kiper asal Spanyol itu tercatat melakukan empat kesalahan yang berujung gol bagi lawan di gawang Manchester United.


This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More