David Moyes Bangga West Ham Belum Dihadiahi Penalti

Football5Star.com, Indonesia – Ada satu hal menarik di Premier League musim ini. Hingga pekan ke-23, hampir semua klub sudah mendapatkan hadiah penalti dari wasit. Anomali hanya satu, yaitu West Ham United. Bagi manajer The Hammers, David Moyes, itu adalah prestasi tersendiri.

Menurut Moyes, bukan tanpa alasan West Ham belum dihadiahi penalti oleh wasit. Bukan karena para wasit tak mengasihani mereka, melainkan karena para pemain memang diminta menjunjung tinggi kejujuran saat berlaga di lapangan.

“Saya katakan kepada para pemain untuk tetap berdiri dan tak mudah terjatuh (di kotak penalti lawan). Saya suka permainan dijalankan secara benar,” kata David Moyes soal alasan West Ham belum dihadiahi penalti seperti dikutip Football5Star.com dari London Evening Standard.

Ucapan itu secara tak langsung juga sindiran kepada para manajer dan klub-klub lain. Sudah bukan rahasia, Moyes sangat muak melihat para pemain lawan yang begitu mudah terjatuh. Salah satu yang membuat Moyes mencak-mencak adalah Mohamed Salah saat Liverpool menghadapi The Hammers.

Musim ini, West Ham United sudah 4 kali dihukum penalti. Hasilnya, dua kali gawang The Hammers bobol dan dua kali pula eksekusi lawan dapat dimentahkan dan gagal berbuah gol.

Moyes Minta Wasit Lebih Tegas

David Moyes meminta para wasit di Liga Inggris lebih tegas menghukum pemain yang suka diving.
jerseyeveningpost.com

David Moyes menilai segala drama yang dibuat pemain di lapangan untuk mendapatkan penalti harus dihentikan. Upaya itu harus dilakukan oleh para pemain, manajer, klub, dan wasit. Namun, dia menilai hal paling efektif saat ini adalah ketegasan wasit.

“Para pemain harus mengambil tanggung jawab. Namun, saat ini, satu-satunya cara menghentikan itu adalah dengan wasit bicara, ‘Maaf, kami tak akan memberikan itu dan kami tak akan membiarkan Anda menipu kami,'” ujar Moyes lagi.

Itu bukan satu-satunya permintaan David Moyes. Eks manajer Everton dan Manchester United tersebut juga memohon para wasit agar lebih jeli dalam menilai sebuah insiden terkait unsur kesengajaan atau bukan. Hal itu didasarkan pengalaman Tomas Soucek yang diganjar kartu merah karena sikutnya tak sengaja mengenai wajah Aleksandar Mitrovic.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More