Debut Gemilang Pemain Naturalisasi Brasil di Timnas Cina

Football5star.com, Indonesia – Debut Elkeson de Oliveira Cardoso bersama timnas China berlangsung gemilang. Pemain naturalisasi asal Brasil itu mencetak dua dari lima gol yang tercipta ke gawang Maladewa pada Selasa (10/9) kemarin.

Pertandingan itu dalam rangka kualifikasi Piala Dunia 2020 Grup A di Stadion Sepak Bola Nasional Maladewa. Elkeson yang kini berganti nama menjadi Ai Kesen, mencetak dua gol terakhir Negeri Tirai Bambu.

Kemenangan itu langsung menempatkan China di peringkat puncak klasemen Grup A meski baru melakoni satu laga. Sekaligus menjadi modal positif jelang pertandingan melawan Guam di pertandingan berikutnya.

Elkeson memulai kiprahnya di Negeri Panda itu pada 2013 lalu ketika membela Guangzhou Evergrande. Tahun ini, ia mengantongi status kewarganegaraan China dan mendapat panggilan membela tim nasional Agustus lalu.

Sejatinya, mantan pemain Botafogo itu pernah mendapat panggilan tim nasional senior Brasil di bawah asuhan Mano Menezes. Namun, ketika itu ia tidak dimainkan sama sekali melawan Argentina dalam ajang Superclásico de las Américas.

Pemain 30 tahun itu jadi satu dari sekian pemain Brasil yang membela tim nasional negara Asia. Selain dirinya, lebih dahulu tenar Alessandro Santos atau Alex yang pernah membela timnas Jepang. Sementara itu, top skorer timnas Indonesia di kualifikasi Piala Dunia 2022, Alberto Goncalves, juga sebelumnya berkewarganeraan Brasil.

Comments
Loading...