Debut Lawan Hertha Berlin, Youssoufa Moukoko Ciptakan Sejarah di Bundesliga

Football5Star.com, Indonesia – Penyerang Borussia Dortmund, Youssoufa Moukoko, berhasil mendapatkan debutnya di laga melawan Hertha Berlin (22/11/20). Dengan begitu Moukoko secara resmi menjadi pemain termuda sepanjang sejarah Bundesliga.

Dortmund berhasil mengalahkan Hertha Berlin dengan skor 5-2 dengan Erling Haaland mencetak quattrick. Youssoufa Moukoko masuk menggantikan Haaland pada menit ke-85. Moukoko sendiri sebenarnya baru pertama kali duduk di bangku cadangan pada laga itu. Hal itu karena sebelumnya usianya tak cukup untuk bisa didaftarkan di Bundesliga.

Moukoko masuk ke laga Bundesliga untuk pertama kalinya pada usia 16 tahun 1 hari. Dia mengalahkan rekor yang sebelumnya juga dipegang oleh pemain Dortmund, Nuri Sahin, dengan mudah dengan selisih 11 bulan.

Mengapa Dortmund langsung berani memasukkan Moukoko ke skuad seniornya? Moukoko sudah bermain untuk Dortmund U-16 pada usia 12 tahun dan sudah bermain di U-19 pada usia 14 tahun. Catatan rekor golnya sangat luar biasa, dia mencetak 141 gol dari 88 laga bersama tim usia Dortmund sejak 2017. Tentu saja wajar jika Dortmund langsung memanggilnya ke tim utama.

“Ini adalah tujuan saya untuk menjadi pemain profesional di Dortmund, merebut Liga Champions bersama Borussia, dan memenangkan Ballon d’Or,” ucap Moukoko kepada wartawan seperti dilansir BBC. Saat dia berbicara itu, usianya masih 13 tahun.

Youssoufa Moukoko sebenarnya memulai karier juniornya di St.Pauli sebelum pindah ke Dortmund pada 2016. Dia lahir di Kamerun dan pindah ke Jerman pada usia 10 tahun. Jadi dia bisa memperkuat baik Kamerun maupun Jerman. Moukoko sendiri sekarang memperkuat Jerman U-20.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More