Debut Wu Lei di Espanyol Disaksikan 40 Juta Warga Cina

Football5star.com, Indonesia – Perpindahan pemain dari negara Asia menuju ke Eropa memang patut dirayakan dengan suka cita. Salah satu negara yang bergembira adalah Cina saat salah satu pemain mereka, Wu Lei menjalani debut di klub Spanyol, Espanyol.

Wu Lei merupakan pemain baru klub Katalonia yang didatangkan pada bursa transfer musim dingin Januari 2019 ini. Ia didatangkan dari raksasa klub Cina, Shanghai SIPG dengan mahar dua juta Euro atau sekitar 31 miliar rupiah.

Didatangkan pada Januari, Wu Lei bernasib mujur dengan masuk dalam skuat yang disiapkan oleh Joan Francesc Ferrer Sicilia atau yang biasa dipanggil Rubi untuk menjamu tim tuan rumah, Villareal. Tak dimainkan sejak menit pertama, pemain yang berposisi sebagai sayap kanan ini dimasukkan Rubi pada menit ke-78.

Debut Wu Lei Disaksikan 40 Juta Warga Cina - Football5star - Diario AS
Diario AS

Masuknya pemain berusia 27 tahun ini disambut dengan 40 juta warga Cina yang menyaksikan laga tersebut. Sebagai perbandingan, Spanyol memiliki populasi sekitar 46 juta orang. Perbandingan lainnya, penonton lokal Spanyol yang menyaksikan pertandingan pada Minggu (3/2) hanya 177.000 ribu orang. Laga sarat gengsi El Clasico yang mempertemukan Barcelona vs Real Madrid pada tengah pekan ini ‘hanya’ ditonton 10 juta orang.

Efek kedatangan Wu Lei memang luar biasa. Data dari Marca meyebutkan jumlah penonton yang menyaksikan laga Espanyol lewat televisi dari Agustus hingga Desember hanya sekitar 7 juta orang. Video perkenalan pemain kelahiran Jiangsu ini juga ditonton 350 juta warga China.

Jika ia terus menujukkan penampilan apik di tim utama Espanyol, bukan tidak mungkin jutaan warga Cina lainnya akan menonton pertandingan Espanyol. Tak hanya keuntungan secara teknis, klub yang bermarkas di Stadion RCDE ini juga mendapatkan keuntungan dari sisi marketing.

Comments
Loading...