Declan Rice Pilih Inggris daripada Irlandia

Football5star.com, Indonesia – Declan Rice sempat dilanda kebimbangan ketika dihadapkan dua pilihan: Inggris atau Irlandia. Hingga akhirnya gelandang West Ham United ini memantapkan hatinya untuk memilih bermain untuk Timnas Inggris daripada Irlandia.

Dalam rilis yang ia keluarkan lewat akun Twitter pribadinya, Rice sejatinya memilih untuk mendapatkan dua kewarganegaraan. Ia merasa bagian dari kedua negara tersebut. Ia memiliki darah Irlandia yang mengalir dari keluarga besarnya. Namun ia berada di Inggris sejak lahir.

“Seperti banyak orang di seluruh dunia, saya menganggap diri saya sebagai warga negara campuran. Saya bangga menjadi orang Inggris yang lahir dan besar di London. Namun, saya juga bangga dengan warisan keluarga saya dan koneksi saya dengan Irlandia,” tulisnya.

Keputusan untuk memilih bermain di Timnas Inggris ketimbang Irlandia diakui oleh pemain berusia 20 tahun ini sangat berat dan tidak sederhana. Ia meyakini keputusan ini adalah yang terbaik bagi dirinya.

“Saya memiliki rasa hormat dan cinta yang sama bagi Inggris dan Irlandia dan oleh karena itu tim nasional yang saya pilih untuk diwakili bukanlah pilihan yang jelas dan sederhana.

“Pada akhirnya, ini adalah keputusan pribadi yang telah saya buat dengan hati dan pikiran saya, berdasarkan apa yang saya yakini terbaik untuk masa depan saya.”
declan rice
Evening Standard

FIFA mengeluarkan keputusan terkait dengan perpindahan Timnas yang dibela. Dilansir dari BBC, FIFA mengeluarkan keputusan bagi siapa pun pemain yang ingin membela Timnas negara lain tidak boleh bertanding untuk Timnas lainnya di laga resmi.

Declan Rice sendiri telah bermain sebanyak tiga kali untuk Irlandia pada 2018 yang lalu. Namun ia hanya bertanding saat Irlandia menjalani laga uji coba. Ia juga sempat bermain di level junior untuk Irlandia.

Declan Rice bukanlah satu-satunya pemain yang berpindah Timnas. Sebelumnya ada Diego Costa yang memilih membela Timnas Spanyol dibanding Brasil meskipun saat itu ia telah bermain dua kali untuk Timnas Brasil. Nama lain ada Wilfried Zaha, Thiago Motta, dan Nacer Chadli.

Comments
Loading...