Deliana Fatmawati Jadi Kartini Baru di Sepak Bola Indonesia

Football5star.com, Indonesia – Sosok Deliana Fatmawati Kaban tengah naik daun. Dia adalah wasit perempuan pertama di Indonesia yang mendapat lisensi FIFA.

Dara cantik asal Medan ini sukses mendapatkan lisensi pada 2017. Berkat lisensinya itu, dia bisa memimpin pertandingan internasional yang didaftarkan ke FIFA.

Pengalamannya di dunia si kulit bundar bukan hal baru. Dia pernah membela timnas sepak bola wanita Indonesia dalam level U-17.

Berposisi sebagai kiper, Deliana dua kali mewakili timnas wanita dalam ajang futsal di SEA Games 2011 dan 2013. Dia ternyata juga pernah membela Timnas Hoki pada SEA Games 2015 lalu.

“Awalnya suka sepak bola dari suka tonton pertandingan, terus jadi pemain di zaman SMA. Saya awalnya menjadikannya hobi, tapi setelah dipikir-pikir dan semakin sini, berkarier di sepak bola asyik juga,” ujar Deliana.

Deliana Fatmawati Kaban
@juniorkaban20

Jadi Kartini di Era Sepak Bola Modern

Bicara soal Deliana, tentu mengingatkan kita akan sosok RA Kartini. Dia adalah pahlawan perempuan Indonesia yang lahir pada 21 April 1879.

Salah satu pokok ide perjuangan Kartini adalah mengajak para perempuan untuk berpikir maju, berpendidikan, memiliki daya saing dan tidak terbelenggu oleh bias gender. Dalam prakteknya, ide tersebut hingga kini masih sering dipraktekkan oleh para perempuan di Indonesia.

Tak terkecuali di bidang sepak bola, olahraga yang sangat erat kaitannya dengan dominasi kaum laki-laki. Sudah banyak perempuan yang tidak hanya berkaitan, namun juga berkecimpung secara langsung di dunia sepak bola.

Bagi Deliana, Kartini merupakan simbol dari kebangkitan para perempuan di Indonesia. Bahkan, dara manis asal Medan itu menganggap Kartini sebagai sosok yang mampu menyetarakan hak antara perempuan dan laki-laki.

“Kartini membawa semangat tentang perubahan. Bagi saya yang bisa diambil dari sosok Kartini adalah semangatnya untuk membuat perubahan dalam diri sendiri,” ucap Deliana.

Comments
Loading...