Eks Striker Chelsea Jadi Korban Insiden Rasisme

Banner Footbal Live Star-Football5star

Football5star.com, Indonesia – Mantan penggawa Chelsea, Demba Ba, menjadi kordan dari insiden rasisme. Insiden tersebut ia dapatkan ketika memperkuat timnya, Shanghai Shenhua di partai melawan Changcun Yatai pada lanjutan Chinese Super League, Sabtu (4/8) malam waktu setempat.

Ba yang dimainkan sebagai striker sempat terlibat argumen dengan penggawa Yatai, Zhang Li. Kedua pemain beradu argument setelah Ba bertabrakan dengan salah seorang rekan Zhang. Pemain berpaspor Senegal itu kemudian menuduh Zhang telah mengoloknya dengan kata-kata berbau rasisme.

“Saya diberikan informasi bahwa salah seorang pemain Yatai telah mengolok Demba dengan kata-kata berbau rasisme. Dalam beberapa tahun terakhir, telah banyak kampanye yang menyatakan bahwa rasisme tak memiliki dalam sepak bola,” ungkap pelatih Shenhua, Wu Jingui dilansir dari The Guardian Nigeria.

“Chinese Super League memiliki pemain-pemain dengan warna kulit yang berbeda. Kami harus menghargai lawan-lawan kami dan tidak boleh memperlakukan mereka dengan berbeda,” lanjut Wu menambahkan.

Pemain 33 tahun itu juga mengungkapkan rasa frustrasinya melalui akun twitter pribadinya. Ia meminta Asosiasi Sepak Bola Cina (CFA) untuk memulai investigasi terkait insiden rasisme yang ia terima.

Beberapa tokoh dalam dunia sepak bola telah menyuarakan dukungannya kepada Ba. Diantaranya adalah Didier Zokora dan klub asal Turki, Besiktas.