Demi 4-Besar, MU Perlu Tengok Leeds dan Arsenal

Manchester United kini duduk di peringkat kelima Liga Inggris. Dengan koleksi 37 poin dalam 23 pekan pertama, Wayne Rooney dkk mencatatkan rekor poin terendah dalam sejarah perjalanan mereka di era Premier League. Setan Merah juga berjarak lima poin dari Tottenham Hotspurs yang ada di posisi keempat.

Sekarang, pertanyaan yang banyak diapungkan adalah: bisakah Man. United finis di empat besar dan lolos ke Liga Champions musim depan? Terlebih sekarang sudah akhir Januari.

Tidak banyak tim yang bisa finis di empat besar ketika berselisih banyak poin dari tim peringkat keempat pada akhir Januari. Kendati begitu, bukan berarti peluang Man. United telah benar-benar habis. Setidaknya, tim asuhan Louis Van Gaal perlu menengok kiprah Leeds United dan Arsenal beberapa musim lalu.

Pada musim 2000-01, Leeds bahkan terpuruk di peringkat kesepuluh pada akhir Januari. Namun, di akhir musim tim asuhan David O’Leary bisa finis di peringkat keempat, unggul dua poin dari Ipswich Town. Saat itu, Leeds mencatat sembilan kemenangan dalam sebelas laga terakhir di musim itu.

Pada musim 2011-12, Arsenal berjarak enam poin dari tim peringkat keempat pada akhir Januari. Tidak cuma finis di empat besar, The Gunners bahkan bisa mengakhiri musim di peringkat ketiga. Saat itu, Arsenal mencatat sembilan kemenangan dalam sepuluh laga terakhir di Liga Inggris musim itu.

Bahkan, Leeds dan Arsenal melakukan hal itu tak cuma sekali. Leeds juga pernah melakukan hal yang serupa pada 1998-99, sedangkan Arsenal melakukannya pada 1997-98.

ArsenalLeeds UnitedManchester United