Demi Buruh, Liverpool Tolak Hotel Bintang 5 di Qatar

Football5star.com, Indonesia – Aksi simpatik ditunjukkan Liverpool jelang dihelatnya Piala Dunia Antarklub di Qatar. Klub besutan Juergen Klopp menolak menginap di hotel bintang lima di negara Timur Tengah itu.

Piala Dunia Antarklub akan dimulai pada 11 sampai 21 Desember mendatang di Doha, Qatar. Liverpool yang merupakan juara Liga Champions Eropa rencananya akan menginap di hotel bintang lima bernama Marsa Malaz.

Letak hotel Marsa Malaz ada di pulau buatan pesisir Doha, Pearl Qatar. Namun, Talksport melansir bahwa The Reds menolak menginap di hotel tersebut karena cerita miris di balik pembangunan hotel megah itu.

Talksport

Menurut penulusuran The Guardian 2018 lalu, buruh migran yang dipekerjakan mendapat upah tak layak dan melanggar undang-undang perburuhan. Mereka hanya dibayar delapan pounds perharinya. Tidak sampai di situ saja, petugas keamanan setempat pun dipaksa bekerja selama 12 jam dalam suhu 45 derajat celcius.

Saat ini klub asal Merseyside sudah memberi tahu FIFA terkait keputusan pindah hotel selama Piala Dunia Antarklub nanti. Namun, belum diketahui hotel mana yang akan menjadi tempat penginapan Jordan Henderson dkk.

Maraknya pembangunan di Qatar memang tak sebanding dengan kehidupan para pekerjanya. Selain pembangunan hotel Marsa Malaz, negara kaya minyak ini juga disorot dalam pembangunan stadion untuk persiapan Piala Dunia 2022 mendatang.

Sama halnya dengan hotel Marsa Malaz, pembangunan stadion Piala Dunia 2022 juga diwarnai kasus upah tak layak para pekerja, jam kerja yang yang tak masuk akal, hingga kematian yang tidak dipertanggungjawabkan oleh otoritas setempat.

Comments
Loading...