Terungkap! Demi Gabung Arema, Firman Utina Lepas Status PNS di Tangerang

Football5Star.comFirman Utina ternyata sempat diangkat menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) saat memperkuat Persita Tangerang. Tapi, dia terpaksa melepas statusnya itu karena memutuskan untuk cabut dari Persita 2004 silam untuk gabung Arema FC.

Nama Firman memang sempat mencuri perhatian sejak memperkuat Persita Tangerang musim 2001 hingga 2004. Bersama tim berjuluk Pendekar Cisadane itu, pria berusia 38 tahun tersebut mengoleksi delapan gol dan menjalani total 65 pertandingan.

Akan tetapi, pria kelahiran Manado itu memutuskan untuk cabut ke Arema Malang 2004 lalu. Dia mengikuti jejak Benny Dolo yang jua merupakan pelatihnya di Persita meski harus rela melepas atributnya sebagai PNS.

“Saya ikut om Bendol (sapaan Benny Dolo) dari Persma, Persita, lalu ke Arema 2005. Saya melepas jabatan sebagai PNS di Tangerang. Ada di dua sisi pilihan, waktu itu sudah menikah. saya harus memilih antara pns atau karier,” ungkap Firman Utina dalam kanal Youtube Ricky Nelson Coaching.

Firman Utina the-afc.com

Saat itu, Firman bercerita sempat membawa Persita Tangerang raih runner-up Liga Indonesia 2002. Saat itu, dia mengaku langsung ditawarkan menjadi PNS di Tangerang.

“Allah sudah atur perjalanan masing-masing manusia. Saya ikut dengan om Bendol. Bawa keluarga ke sana. 2 tahun di sana, kerja keras, kami tahu bagaimana Arema. suporternya juga. Harus punya mental kuat untuk main di Arema,” papar dia.

“Waktu itu saya dibimbing pemain senior, Putu Gede, Joao Carlos, Franco Hitta. Mereka rata-rata pemain asing yang mendidik dan mengayomi pemain muda. Saya termotivasi dan dilindungi. Saya fight dan saya belajar jadi pemain profesional,” tutup Firman Utina.