Demi Piala Dunia U-20, Ada Dana Fantastis untuk Pembuatan Patung dan Lahan Parkir

Football5star.com, Indonesia – Perhelatan Piala Dunia U-20 2021 tinggal hitungan hari. Kemarin, Selasa (19/10/2020), Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) menggelar rapat terbatas (ratas) terkait kesiapan 6 provinsi yang jadi tempat pertandingan Piala Dunia U-20 2021.

Provinsi Bali jadi salah satu venue Piala Dunia 2021. Stadion Kapten I Wayan Dipta yang berlokasi di Buruan, Kec. Blahbatuh, Kabupaten Gianyar pun tengah berbenah untuk menyambut event ini.

Pihak pemerintah Kabupaten Gianyar pun sudah melakukan penataan di seputaran stadion. Mulai penataan kebun sepanjang jalan menuju stadion hingga pembangunan patung Kapten I Wayan Dipta.

Instagram Baliutd

Total anggaran yang dipergunakan pihak Pemkab Gianyar untuk proses penataan ini mencapai angka Rp 58 miliar. Angka ini belum termasuk penataan lahan parkir.

“Untuk menyambut piala dunia ini Pemkab Gianyar mendapatkan beberapa tugas. Mulai dari penataan lingkungan di sekitar stadion, dan sudah dilakukan tahun 2020 ini. Menata taman di sepanjang Bypass Dharma Giri, dan pembangunan patung Kapten I Wayan Dipta,” ucap Kepala Bappeda Gianyar, I Gede Widarma Suharta seperti dikutip Football5star.com dari balipuspanews, Rabu (20/10/20).

Menurut pihak Pemkab, pada tahun depan penataan lingkungan ini akan selesai. “Tahun depan selesai, dan lahan parkir sudah ada lokasi sehingga tinggal proses pembangunan. Untuk total penataan dianggarkan Rp. 58 miliar,” tambahnya.

Sedangkan untuk lahan parkir sendiri, pihak Pemkab menganggarkan dana sebesar Rp 10 miliar. Lokasi lahan parkir sendiri sudah ditentukan pihak Pemkab yakni di kawasan Banjar Getas, Desa Buruan, dengan menyewa tanah milik warga selama 20 tahun. Luas lahan yang digunakan seluas 1,7 hektare.

“Lahan parkir itu ada di Getas, Buruan, sekitar 20 meter keselatan dari jalan utama. Luas awalnya 1,7 hektare, baru awal, kemungkinan nanti ada pengembangan lagi. Itu kita sewa milik warga selama 20 tahun,” ucap Widarma.

Pesan Jokowi

Sementara itu, Presiden Jokowi pada ratas Selasa kemarin menegaskan bahwa persiapan untuk Piala Dunia U-21 2021 harus dilakukan secara maksimal.

“Untuk itu saya minta laporan update terkait dengan kesiapan. Terutama terkait dengan kesiapan stadion utama dan stadion pendukung di 6 kota yg telah ditunjuk” kata Jokowi.

Jokowi juga menegaskan bahwa publik harus diyakinkan bahwa Indonesia sebagai tuan rumah telah mempersiapkan semua hal, utamanya protokol kesehatan yang ketat.

“Yang terakhir, ini yang paling penting, kita harus meyakinkan bahwa Indonesia telah mempersiapkan protokol kesehatan yang ketat sehingga sangat aman untuk dikunjungi dan dijadikan tempat untuk penyelenggaraan (Piala Dunia) U20 2021,” ucap Jokowi.

baliPiala Dunia U-20Piala Dunia U-20 2021Presiden JokowiStadion Kapten I Wayan Dipta