Mengenal Berbagai Laga Derbi di Sepak Bola Italia

Football5star.com, Indonesia – Pada Sabtu (2/11) nanti, laga Derby della Mole antara Torino vs Juventus akan menjadi sajian hangat untuk para penggemar sepak bola Italia. Derby della Mole sendiri merupakan salah satu dari beberapa partai derbi yang menjadi bumbu rivalitas antara klub-klub Serie A maupun Serie B.

Beberapa derbi di Italia yang mungkin sudah cukup familiar di telinga para pecinta sepak bola antara lain adalah Derby della Capitale, Derby della Madonnina, serta Derby D’Italia. Selain ketiga laga derbi tersebut, masih ada cukup banyak laga derbi lain yang memiliki intrik serta sejarahnya sendiri di sepak bola Italia.

Berikut, football5star.com sudah merangkum berbagai laga derbi yang menghiasi sepak bola Italia:

1. DERBY DELLA MADONNINA
Mengenal Berbagai Derbi di Sepak Bola Italia - Derby della Madonnina - Reuters
Reuters

Laga Derby della Madonnina mungkin menjadi partai derbi yang paling familiar di telinga para pecinta sepak bola. Laga derbi ini mempertemukan dua seteru abadi penghuni kota Milano, Inter Milan dan AC Milan.

Nama Madonnina yang menjadi tajuk laga ini diambil dari nama patung Bunda Maria yang menghiasi Katedral Milano. Warga lokal sendiri menyebut patung tersebut dengan julukan Madonnina.

Rivalitas ini muncul karena Inter dianggap sebagai klub kaum orang kaya oleh warga Milano. Sementara, Milan dianggap sebagai klub kaum pekerja. Selain itu, preferensi Inter untuk menggunakan pemain-pemain asing dan Milan yang cenderung memilik bakat asli Italia juga menjadi bumbu tersendiri dari laga Derby della Madonnina.

Laga Derby della Madonnina pertama dilangsungkan pada tahun 1909. Dalam laga tersebut, AC Milan berhasil meraih kemenangan dengan skor 3-2. Total, kedua klub sudah bertemu sebanyak 224 kali di semua kompetisi. Inter berhak tertawa lebar karena mereka berhasil meraih 81 kemenangan. Sementara, Milan hanya berhasil meraih 76 kemenangan. Sisa 67 laga berakhir dengan skor sama kuat.

2. DERBY DELLA CAPITALE
Mengenal Berbagai Derbi di Sepak Bola Italia - Derby della Madonnina - Reuters
Statsbomb

Derby della Capitale menjadi salah satu laga perang saudara yang menguras emosi di sepak bola Italia. Laga derbi ini mempertemukan dua tim yang berbasis di ibukota Italia, AS Roma dan Lazio.

Kedua tim juga memiliki markas yang sama. Yakni, Stadio Olimpico. Para suporter Lazio, biasanya menghuni tribun utara (curva nord) dan pendukung AS Roma menempati tribun selatan (curva sud).

Perseteruan yang panas diantara kedua klub dan kelompok suporter memang kerap kali memakan korban luka maupun meninggal dunia ketika AS Roma dan Lazio saling berhadapan. Pada tahun 2004, kedua kelompok suporter bahkan terlibat pertikaian di dalam area stadion dan membuat laga Derby della Capitale yang sedang berlangsung harus dihentikan pada menit ke-49.

Total, kedua tim sudah saling bentrok sebanyak 173 kali di kompetisi Italia. AS Roma menjadi tim yang lebih dominan dengan koleksi 65 kemenangan berbanding 46 milik Lazio. Sisa 62 partai diantara kedua tim berakhir dengan skor imbang. 

3. DERBY DELLA LANTERNA
Mengenal Berbagai Derbi di Sepak Bola Italia - Derby della Madonnina - Reuters
sampdoria.it

Derby della Lanterna menjadi salah satu laga derbi tertua di Italia. Laga ini mempertemukan dua tim asal kota Genova, yakni Sampdoria dan Genoa. Panjangnya sejarah dari laga Derby della Lanterna tentu tak lepas dari status Genoa sebagai klub sepak bola tertua di Italia.

Nama Derby della Lanterna sendiri diambil dari sebuah monumen bernama Torre della Lanterna. Monumen tersebut merupakan mercu suar yang menjadi penanda arah bagi kapal-kapal yang ingin merapat ke pelabuhan Genova.

Awalnya, laga Derby della Lanterna mempertemukan Genoa dengan tim-tim lokal di kota Genova. Pada tahun 1947, empat tim kecil yakni Gymnastics Club Sampierdarenese, Liguria Football Club, Andrea Doria, dan La Dominante bergabung dan membentuk tim baru, Sampdoria.

Semenjak terbentuknya Sampdoria, sudah ada 98 pertandingan Derby della Lanterna. Sampdoria pun menjadi tim yang lebih dominan dengan raihan 38 kemenangan berbanding 24 kemenangan milik Genoa. Sedangkan, 36 partai lainnya berakhir imbang.

Comments
Loading...