Deretan Pemain dan Klub yang Tunjukkan Solidaritas untuk George Floyd

Football5Star.com, Indonesia – Dunia sepak bola bereaksi keras terhadap meninggalnya seorang pria kulit hitam Amerika Serikat, bernama George Floyd. Dia mendapat kekerasan berujung kematian oleh seorang polisi setempat. Kejadian itu membuat banyak aksi protes khususnya di Amerika Serikat.

Tapi bukan hanya di sana, para pemain dan klub sepak bola Eropa juga menunjukkan solidaritasnya terhadap kasus ini.

Yang pertama adalah pemain Schalke, Weston McKennie, yang menggenakan ban hitam bertuliskan Justice for George pada laga melawan Werder Bremen sabtu lalu (30/5/20).

Keesokan harinya, pemain Borussia Monchengladbach, Marcus Thuram melakukan aksi berlutut saat melakukan selebrasi golnya.

“Bersama adalah cara kita bergerak maju, bersama adalah cara kita melakukan perubahan,” ucap Thuram pada akun Twitternya.

Lalu selanjutnya ada dua pemain Borussia Dortmund, Jadon Sancho dan Achraf Hakimi. Keduanya menunjukkan kaus dengan tulisan Justice For George Floyd saat melakukan selebrasi.

“Saat yang pahit secara pribadi karena ada banyak hal penting yang terjadi di dunia saat ini yang harus kita atasi dan bantu buat perubahan. Kita harus bersatu sebagai satu dan memperjuangkan keadilan. Kami lebih kuat bersama!” kicau Sancho.

Megabintang Paris Saint-Germain, Kylian Mbappe, juga menyuarakan aksi solidaritasnya lewat akun Twitter dengan menggunakan tagar #JusticeForGeorge.

Bek kanan Liverpool, Trent Alexander-Arnold, menulis “persatuan adalah kekuatan,” pada akun Twitternya. Kicauan ini juga di retweet oleh klubnya Liverpool.

Lalu ada Barcelona yang membuat pernyaatan soal kasus George Floyd ini lewat akunnya.

“Rasisme, sebagai bentuk diskriminasi yang berupaya menurunkan dan meminggirkan orang karena jenis kelamin, orientasi seksual, asal-usul, atau warna kulitnya, adalah pandemi yang memengaruhi kita semua. Di Barca, kami tidak akan berhenti untuk melawan itu. Ini juga komitmen kami,” tulis Barcelona.

Achraf HakimiBarcelonaGeorge FloydJadon Sanchokylian mbappeMarcus ThuramTrent Alexander-Arnold