Deretan Pesepak Bola Nasional Jebolan Turnamen Habibie Cup

Football5star.com, Indonesia – Presiden ke-3 Republik Indonesia, Bacharuddin Jusuf Habibie, mengembuskan napas terakhir Rabu (11/9/2019) petang.

Sepanjang perjalanan hidupnya BJ Habibie banyak memberikan kontribusi untuk negeri ini di semua bidang, salah satunya sebuah turnamen sepak bola bernama Habibie Cup.

Turnamen ini awalnya bernama Ajatappareng Cup. Turnamen sepak bola ini memang didorong untuk perkembangan sepak bola di kota kelahirannya Parepare. Turnamen ini pertama kali digelar pada 1990 diinisiasi pendirian Harian Fajar, HM Alwi Hamu dan Mirdin Kasim.

Melemahnya permainan PSM Makassar saat itu yang mendorong HM Alwi Hamu dan Mirdin Kasim menyelenggarakan turnamen ini. Tujuannya untuk menjaring talenta muda Parepare untuk bisa berprestasi di sepak bola nasional.

Semenjak bergulir dari 1990 dan terhenti pada 2005 silam, sejumlah nama pesepak bola nasional pernah mentas di turnamen ini. Berikut deretan pesepak bola nasional yang merupakan jebolan turnamen Habibie Cup.

Andi Oddang

Striker kelahiran Makassar 16 September 1977 Andi Oddang adalah pemain yang merupakan jebolan dari turnamen Habibie Cup. Andi Oddang pertama kali melakoni karier sepak bola di klub Persim Maros pada 1997 silam.

Ia lalu pindah ke PSM Makassar pada 2002 silam. Sosok Andi Oddang bagi sepak bola Makassar sangat disegani. Ia berhasil membawa PSM Makassar hingga ke babak final Liga Indonesia banyak dua kali yakni pada 2003 dan 2004.

tribunnews

Karier pemain yang sempat membela Persebaya Surabaya ini berakhir pada 2014 lalu. Klub terakhir yang ia bela adalah klub yang membesarkan namanya PSM Makassar. Di musim terakhirnya bersama PSM, Andi Oddang tercatat mencetak 8 gol dari 22 penampilan.

Irsyad Aras

Selanjutnya ada bek tangguh kelahiran 4 Maret 1979 Irsyad Aras. Sama dengan Andi Oddang, pemain berdarah Polewali Mandar (Polman) ini juga sempat mengikuti turnamen Habibie Cup di awal kariernya.

Pemain yang bisa juga dimainkan sebagai seorang gelandang ini juga sama dengan Andi Oddang mengawali kariernya di Persim Maros dan baru pindah ke PSM Makassar pada 2004 silam. Bersama PSM, eks Persisam Putra Samarinda ini antarkan PSM runner up Liga Indonesia 2004-05.

Hamka Hamzah

Kapten Arema FC ini juga tercatat jadi pemain yang sempat mengikuti turnamen Habibie Cup. Awal karier Hamkah memang diawali dengan bergabung ke PSM Makassar pada 2001 silam. Di awal kariernya pemain kelahiran Makassar ini tercatat hanya 12 kali membela tim berjuluk Juku Eja tersebut.

Kapten Hamka Hamzah dan striker Sylvano Comvalius tak dibawa pelatih Milomir Seslija saat Arema FC lawan Kalteng Putra.
liga-indonesia.id

Meski begitu Hamkah jadi skuat Juku Eja yang tampil di final Liga Indonesia 2001 meski hanya bisa menggapai gelar runner up. Pada 2017, Hamkah sempat kembali ke PSM dan melakoni 30 pertandingan dan mencetak 4 gol.

Syamsul Bachri Chaeruddin

Selanjutnya ada ikon sepak bola Makassar yang sering dianggap Gennaro Gattuso-nya Indonesia, Syamsul Bachri Chaeruddin. Dibanding tiga pemain di atas, Syamsul Bachri melakoni karier lebih lama di Juku Eja.

Syamsul tercatat membela PSM pada 2001-2010 dan 2012-2017. Karakter bermainnya memang membuatnya sangat mudah dikenali pencinta sepak bola nasional. Ia geladang jangkar yang memiliki tenaga berlipat dan visi bermain yang mampu merusak skema permainan lawan.

Pemain timnas di Habibie Cup 2015

Pada saat PSSI dibekukan oleh FIFA, turnamen Habibie Cup 2015 jadi ajang yang membuat banyak pesepak bola nasional bisa kembai bermain di lapangan hijau. Pada turnamen tahun tersebut, sejumlah pemain timnas Indonesia berkiprah di sana.

Diikuti 12 tim, sejumlah tim diisi oleh pemain bintang diantaranya klub Persipare yang diperkuat Bio Paulin, Asri Akbar, Faturrahman, Harianto, Émile Mbamba, Rizky Pellu, Firman Utina, Zulham Zamrun, sampai pemain muda kelahiran 1995 Evan Dimas.

Comments
Loading...