Mentalitas Jadi Penentu Kesuksesan Prancis di Final

Football Live Star Football5Star.com, Indonesia – Mentalitas menjadi faktor kunci keberhasilan timnas Prancis menaklukkan timnas Kroasia di final Piala Dunia 2018. Hal itu diakui pelatih Didier Deschamps. Menurut dia, permainan Les Bleus tidaklah sempurna, tapi itu bisa ditutupi oleh mentalitas apik anak-anak asuhnya.

“Hal yang paling membuat saya bangga adalah para pemain ini punya sikap pandang yang tepat sepanjang turnamen ini. Saya berulang-ulang mengatakan: jangan pernah menyerah, jangan pernah menyerah dalam hal apa pun!” tegas Deschamps seperti dikutip Football5Star.com dari situs resmi FIFA.

Timnas Prancis berhasil menjuarai Piala Dunia 2018.
standard.co.uk

Lebih jauh, dia menambahkan, “Selalu ada ketidaksempurnaan. Hari ini, kami tak melakukan segalanya secara benar. Namun, kami punya kualitas mental dan psikologis yang sangat menentukan untuk Piala Dunia. Pada babak pertama final, kami tidak menguasai tapi bisa unggul 2-1.”

Soal tudingan Les Bleus tak menunjukkan permainan menawan di Piala Dunia 2018, Deschamps tak mau ambil pusing. Bagi dia, hal terpenting adalah juara.

“Tentu saja selalu ada pertanyaan: Apakah Prancis juara dengan indah? Baiklah, kami juara dunia dan Prancis akan berada di puncak dunia untuk empat tahun ke depan. Itu yang perlu diingat,” tandas dia. “Prancis adalah juara dunia. Itulah bukti kami telah melakukan sesuatu yang lebih baik dari orang lain.”


Tahukah Anda?

Didier Deschamps adalah orang ketiga yang menjuarai Piala Dunia sebagai pemain dan pelatih. Pada 1998, dia juara saat menjadi kapten timnas Prancis. Sebelum Deschamps, dua sosok lain dengan prestasi itu adalah Mario Zagallo dan Franz Beckenbauer.

Comments
Loading...