DFB Pastikan Tak Pecat Joachim Loew Sebelum EURO 2020

Football5Star.com, Indonesia – Nasib Joachim Loew di timnas Jerman kian terang-benderang. Pelatih berumur 60 tahun itu dipastikan tetap menangani Die Mannschaft pada gelaran EURO 2020 tahun depan. Hal itu disepakati presidium DFB setelah mendengar pemaparan sang pelatih dan Direktur Timnas Jerman, Oliver Bierhoff.

Masa depan Joachim Loew di timnas Jerman sempat menjadi tanda tanya setelah kekalahan 0-6 dari Spanyol pada medio November lalu. Meskipun mendapat dukungan dari Bierhoff dan Presiden DFB, Fritz Keller, anggota presidium DFB merasa tak puas dan minta presentasi detail doal kekalahan itu dan rencana ke depan.

Senin (30/11/2020), presidium DFB akhirnya mengambil sikap mendukung Loew. “Presidium DFB mencapai kesepakatan pada Senin bahwa Joachim Loew dapat lanjut sebagai pelatih timnas tanpa pembatasan,” tulis pernyataan resmi DFB seperti dikutip Football5Star.com dari laman resmi Asosiasi Sepak Bola Jerman itu.

express.de

Dalam pernyataan itu juga dijelaskan adanya pembicaraan khusus soal kekalahan memalukan dari Spanyol. Namun, pada akhirnya presidium DFB tiba pada satu sikap. Di sana tertulis, “Satu pertandingan tak dapat dan tak seharusnya jadi tolok ukur performa umum timnas dan pelatihnya.”

Adapun hal yang membuat Loew tetap dipercaya menangani timnas Jerman adalah beberapa target yang mampu dicapai. Itu termasuk lolos ke putaran final EURO 2020, bertahan di UEFA Nations League A, dan berada di pot 1 Kualifikasi Piala Dunia 2022.

Loew Belum Tentu Lanjut hingga 2022

Meskipun demikian, nasib Joachim Loew sebetulnya tidak benar-benar aman. Setidaknya, dia tidak dipastikan bertahan hingga kontraknya usai pada 2022. Presidium DFB menyepakati Loew akan kembali dievaluasi setelah EURO 2020. Kepastian lanjut atau tidak akan ditentukan dari hasil evaluasi tersebut.

Terlepas dari hal itu, kepastian Loew tetap memimpin Die Mannschaft mendapat tanggapan positif. Di antaranya dari Jerome Boateng, pemain belakang yang dipensiunkan sang pelatih pada Maret 2019. “Aku senang Jogi tetap bertahan. Dia telah mendapatkan kepercayaan atas kerjanya pada masa lalu,” kata dia kepada Bild.

sport.sky.de

Tanggapan positif juga datang dari eks gelandang Die Mannschaft, Dietmar Hamann. Sejak awal, mantan pemain Liverpool itu memang menilai tak bijak bila Loew dipecat setelah kekalahan 0-6 dari Spanyol.

“Itu betul-betul langkah yang tepat. Saya kira akan jadi sebuah kekeliruan bila dia dipecat hari ini. Ketika memutuskan terus setelah Piala Dunia (2018), Anda harus mempertahankan itu setidaknya hingga turnamen berikut,” ujar Hamann kepada Sportbuzzer.

Lebih lanjut, Hamann menilai performa timnas Jerman yang buruk pada 2020 tak terlepas dari skuat yang tak lengkap karena kompromi yang diberikan Loew. Dia menunjuk putusan tak membawa para pemain Bayern Munich dan RB leipzig sebagai contohnya. Menurut dia, itu harus diapresiasi sebagai upaya menolong liga karena para pemain tersebut keletihan.

Dietmar HamannFritz KellerJoachim LoewTimnas Jerman