Persipura Atasi Perlawanan Sengit PSMS Medan

 Football5star.com, Indonesia – Persipura Jayapura kedatangan tamu dari Sumatera, PSMS Medan. Kedua kesebelasan berada dalam kondisi yang tak bagus. Keduanya masih terancam panasnya zona degradasi dan membuat mereka harus mendapatkan poin di Stadion Mandala.

Kondisi tersebut membuat kedua kesebelasan mengeluarkan seluruh pemain terbaik mereka. Hingga babak pertama usai, kedua kesebelasan gagal mencetak gol. Berdasarkan data dari labbola, penampilan Ayam Kinantan di babak pertama jauh lebih baik. Mereka kalah dalam penguasaan bola (62%-38%), namun unggul dalam usaha tembakan ke gawang (0-4).

Situasi berubah di babak kedua. Permainan anak asuh Osvaldo Lessa membaik di babak kedua. Dua menit setelah wasit Muhamad Agung memulai babak kedua, Hilton Morreira membaawa Persipura unggul. Thon mencetak gol di menit ke-48 lewat sepakan jarak jauh yang gagal dihalau Abdul Rohim.

Empat menit setelah gol Hilton, Persipura kembali mencetak gol. Diawali pergerakan Hilton di sisi kiri, ia menyodorkan bola ke Gunansar Mandowen. Gunansar mengirimkan umpan silang mendatar yang dimanfaatkan oleh Boaz di menit ke-52.

Wasit menunjuk titik putih di menit ke- 63 setelah Márcio Rosário dianggap melanggar Erwin Ramdani. Keputusan wasit agak janggal karena situasi tidak berbahaya dan menimbulkan protes dari para pemain Persipura. Wasit bergeming dan tetap memberikan penalti untuk PSMS. Berdasarkan data dari Labbola, PSMS menjadi klub yang paling sering mendapatkan tendangan penalti, 10 kali.

Eksekusi penalti diambil oleh Matsunaga Shohei. Tendangan penalti Matsunaga harus diulang karena ada pemain yang masuk ke kotak penalti sebelum bola ditendang. Tendangan penalti kedua Matsunaga meluncur deras ke gawang Panggih Prio di menit ke-68.

Di menit ke-84, serangan balik Persipura kembali membobol gawang Abdul Rohim. Kali ini Hilton mencetak brace memanfaatkan assist dari Boaz. Berhadapan satu lawan satu dengan kiper, Boaz memilih mengirim umpan untuk Hilton yang tak terkawal. Skor 3-1 untuk kemenangan Persipura atas PSMS.

Kemenangan ini membuat posisi Mutiara Hitam naik ke peringkat ke-8 dengan memperoleh 44 poin. Sementara bagi Ayam Kinantan, kekalahan ini membuat mereka semakin terpuruk di dasar klasemen dengan 34 poin.

Susunan Pemain

Persipura Jayapura (4-3-3): 98-Panggih Prio; 21-Yustinus Pae, 22-Márcio Rosário, 44-Yohanis Tjoe, 82-Valentino Telaubun; 3-Gunansar Mandowen, 32-Muhammad Tahir, 11-Imanuel Wanggai (Todd Rivaldo Ferre 88′); 23-Prisca Womsiwor (Ian Kabes 63′), 86-Boaz T. Solossa (Addison Alvez 84′), 10-Hilton Morreira

Pelatih: Osvaldo Lessa

PSMS Medan (4-3-3): 20-Abdul Rohim; 13-Danie Pratama (Erwin Ramdani 58′), 4-Reinaldo Lobo, 7-Roni Fatahillah, 88-M. Alwi Slamat; 8-Abdul Aziz, 98-Fredyan W, 78-Shohei Matsunaga; 17-Antoni Putro, 90-Felipe Martins, 17-Frets Butuan

Pelatih: Peter Butler

Kartu Kuning: Boaz Soloss 31′, Hilton Morreira 40′, Muhammad Tahir 53′, Gunansar Mandowen 64′, Valentino Telaubun 90+2′; Danie Pratama 28′, Reinaldo Lobo 41′

Kartu Merah:

Wasit: Muhamad Agung

Stadion: Mandala