Didier Deschamps Sebut Sistem Baru Prancis Tak Berjalan Sempurna

Football5Star.com, Indonesia – Pelatih timnas Prancis, Didier Deschamps, mengatakan bahwa sistem baru timnya yang digunakan saat melawan Swedia, (6/9/20), tak berjalan sempurna. Deschamps memakai formasi 3-4-1-2 dalam laga itu.

Deschamps menduetkan Kylian Mbappe dan Olivier Giroud di depan dengan ditopang oleh Antoine Griezmann yang bermain di belakangnya. Tapi Les Blues hanya bisa menang 1-0 itupun lewat skill individu apik dari Mbappe yang berhasil melewati 2 pemain dari sisi kiri sebelum bisa melepaskan tembakan dari sudut sempit.

Prancis sebenarnya bisa menambah keunggulan di akhir pertandingan lewat tendangan penalti. Tapi eksekusi Griezmann melambung di atas gawang.

@EURO2020

“Tak semuanya berjalan dengan sempurna. Kami menggunakan sistem baru yang bekerja cukup bagus, tapi seharusnya bisa lebih baik dalam hal membangun serangan,” ucap Deschamps seperti dikutip Football5Star.com dari laman resmi UEFA.

Mantan pelatih Juventus itu melanjutkan, “kami melawan tim yang menggunakan formasi 4-4-2. Kemungkinan itu adalah formasi tersulit untuk dilawan karena banyak pemain mereka yang melebar. Pemain juga banyak yang belum berada dalam kondisi fisik terbaik.”

Sang pencetak gol, Kylian Mbappe, mengakui dirinya senang memakai sistem ini. Dia merasa sistem ini sesuai dengan karakteristik timnya.

“Saya suka lebih dekat ke gawang dengan sistem ini. Saya pikir ini adalah sistem yang sesuai dengan karakteristik pemain lain di tim juga dan kami akan bekerja di dalamnya untuk membuatnya bekerja,” kata Mbappe.

Setelah laga ini, pasukan Didier Deschamps akan berhadapan dengan Kroasia pada Rabu dini hari (9/9/20).

Didier Deschampskylian mbappePrancisTimnas Prancis