Diego Maradona Ingin Ulangi Gol Tangan Tuhan ke Gawang Inggris

Football5star.com, Indonesia – Legenda Argentina, Diego Maradona pada 30 Oktober mendatang akan merayakan ulang tahun ke-60. Jelang ulang tahunnya tersebut, Maradona mengakui sangat ingin kembali ulangi gol tangan tuhan ke gawang Inggris.

“Aku bermimpi bisa mencetak gol melawan Inggris lagi. Kali ini dengan tangan kananku,” ucap Maradona seperti dikutip Football5star.com dari Diario AS, Selasa (27/10/2020).

Maradona memang hanya bercanda melemparkan kalimat tersebut. Bagi publik Inggris sendiri, candaan Maradona itu sendiri tentu tak mengenakkan. Bagaimana tidak, gol tangan Tuhan yang tercipta pada 22 Juni 1986 membuat tim Inggris tersingkir di babak perempat final Piala Dunia 1986.

Peristiwa itu terus dikenang sepanjang sejarah sepak bola. Pasalnya, aksi Maradona itu disahkan sebagai gol oleh wasit asal Tunisia, Ali Bin Nasser.

Sang pengadil lapangan memang berada di posisi tak menguntungkan dalam sudut pandang. Dia berada di luar kotak penalti ketika bola yang coba dihalau bek Inggris, Kenny Sansom, malah melambung ke dalam kotak penalti tim lawan. Bola pun disambar dengan tangan kiri Maradona menjadi gol.

Gol kontroversial itu sendiri tentu diprotes para pemain Inggris. Menariknya, tidak hanya pemain Inggris yang protes kepada Ali Bin Nasser. Salah satu pemain Argentina, Sergio Batista bahkan sempat kebingungan dengan aksi Diego Maradona tersebut.

“Saya berteriak, ‘gol, gol!’ Rekan setim saya, Sergio Batista, si bodoh Checho, bilang kepada saya bahwa saya mencetak gol menggunakan tangan,” kenang Maradona.

“Saya katakan kepadanya: ‘Diam, bodoh. Peluk saya! Kemudian rekan-rekan lainnya ikut memeluk saya,” tutup Maradona.

ArgentinaDiego MaradonaInggrisinternasional