Diego Maradona: Lionel Messi Jago Tendangan Bebas Berkat Saya

Football5Star.com, Indonesia – Lionel Messi dikenal sebagai pemain komplet. Selain punya olah bola mumpuni, dia juga sangat tajam. Soal menjaringkan bola ke gawang lawan, dia begitu lihai melakukannya lewat tendangan bebas. Terkait hal itu, Diego Maradona mengklaim punya jasa besar.

Pada Senin (9/9/2019), Diego Maradona dalam sebuah kesempatan mengungkapkan klaim tersebut. Menurut dia, Lionel Messi jadi sangat lihai mengeksekusi tendangan bebas berkat andilnya semasa menangani timnas Argentina.

“Dia punya masalah dengan tendangan bebas. Ketika menyelesaikan setiap sesi latihan, kami meninggalkan Leo sehingga dia bisa berlatih dan dia mulai menghantam tiang gawang,” kata Diego Maradona seperti dikutip Football5Star.com dari Todo Noticias.

Diego Maradona jadi pelatih Lionel Messi di timnas Argentina pada 2008 hingga 2010.
as.com

Pria yang baru saja diangkat sebagai pelatih Gimnasia La Plata itu menambahkan, “Saya tidak mengajari dia cara mengambil tendangan bebas. Dia lalu bertanya bagaimana saya mampu mencetak gol. Saya katakan, ‘Kamu tinggal tendang saja tepat di bagian tengah. Saya tak akan mendapatkan Oscar dengan mengajarimu hal ini.’,” urai dia.

Ucapan itu tentu saja membuat Lionel Messi penasaran. “Dia lalu mejawab, ‘Tapi, aku menendang di tengah dan bola malah ke mana-mana.’ Saya katakan kepada dia, ‘Jangan khawatir, kamu pasti akan berhasil.’ Kini, dia jarang gagal,” ucap Diego Maradona lagi.

Ucapan pria berjuluk El Pibe de Oro itu terkesan berlebihan. Hanya dua tahun dia menangani Lionel Messi. Namun, bila menilik statistik gol La Pulga, klaim itu memang berdasar.

Dari 2008 hingga 2010, Lionel Messi ternyata hanya mencetak tiga gol dari tendangan bebas. Setelah itu, grafiknya kian menaik. Pada 2012-13, dia untuk kali pertama mencetak lebih dari lima gol dengan cara itu.

Hingga kini, Lionel Messi telah mengemas 48 gol dari tendangan bebas. Lebih dari setengahnya dihasilkan dalam empat musim terakhir. Dari 2015-16 hingga 2018-19, total 29 gol dilesakkan La Pulga dari eksekusi mautnya.

Menilik fakta tersebut, terlalu gegabah bagi siapa pun untuk menyebut klaim Diego Maradona sebagai bualan.

Comments
Loading...