Dihukum Sani Rizki Fauzi, Kiper Vietnam Tuai Kritik Pedas

Football5Star.com, Indonesia – Sial betul nasib kiper timnas U-23 Vietnam, Bui Tien Dung. Tekadnya untuk clean sheet dalam laga Vietnam vs Indonesia, Minggu (1/12/2019), tak terwujud. Gara-gara dibobol Sani Rizki Fauzi, kritik tajam pun datang tanpa ampun.

Sebelum laga Vietnam vs Indonesia pada lanjutan fase grup SEA Games 2019, Bui Tien Dung sesumbar. Dia bertekad clean sheet saat melawan timnas U-23 Indonesia asuhan Indra Sjafri. Menurut dia, itu adalah prioritas yang juga jadi dasar untuk meraup kemenangan.

Akan tetapi, tekad ambisius itu justru berbalik. Saat pertandingan berjalan 23 menit, dia membuat kesalahan fatal. Bermaksud mengamankan umpan silang Asnawi Mangkualam, bola malah mencelat, membentur mistar, lalu disundul Sani Rizki Fauzi yang berdiri bebas di mulut gawang.

Sani Rizki Fauzi saat mencetak gol pada laga timnas U-23 Indonesia melawan Vietnam di fase grup SEA Games 2019
zing.vn

Kesalahan fatal tersebut membuat dia dikritik pedas oleh eks kiper timnas Vietnam, Duong Hong Son. Dia dinilai terlalu pongah sehingga berlaku ceroboh dan gagal mewujudkan clean sheet.

“Tien Dung terlalu percaya diri sehingga membuat kesalahan. Itu sejatinya bukan situasi berbahaya,” ujar Duong Hong Son seperti dikutip Football5Star.com dari Zing.vn. “Sebagai kiper, prioritas utama adalah membuat gawang aman. Dia seharusnya dapat mendorong bola ke luar lapangan yang hanya akan berbuah tendangan penjuru.”

Bui Tien Dung pada akhirnya dapat bernapas lega. Pasalnya, kesalahan fatal yang berbuah gol Sani Rizki Fauzi tak lantas membuat timnas U-23 Vietnam kalah. Mereka justru menang berkat dua gol balasan yang dibuat Thanh Chung dan Hoan Duc. Andai saja kalah, dia pasti jadi bulan-bulanan. Terutama karena kata-katanya yang terkesan pongah sebelum laga.

Comments
Loading...