Dikalahkan Kolombia, Argentina Ulangi Jejak 40 Tahun Silam

Football5Star.com, Indonesia – Langkah timnas Argentina pada ajang Copa America 2019 diawali dengan buruk. Pada laga pertama fase grup, tim asuhan Lionel Scaloni takluk 0-2 dari timnas Kolombia.

Hasil tersebut menjadi sorotan tersendiri karena tak biasanya La Albiceleste mengalami kekalahan pada laga pertama pada beberapa edisi Copa America Sebelumnya. Bila dicek ke belakang, kekalahan pada laga pembuka itu merupakan yang pertama dalam 40 tahun terakhir.

Laga Pertama Argentina di Copa America
@SeppGinz/Football5Star.com

Kali terakhir timnas Argentina mengawali kiprah dengan kekalahan pada Copa America 1979. Kala itu, La Albiceleste kalah 1-2 dari timnas Bolivia. Unggul terlebih dahulu berkat gol menit ke-5 dari Carlos Lopez, Tim Tango takluk gara-gara brace ‘dua gol’ Jesus Reynaldo pada menit ke-29 dan 66.

Setelah itu, dalam 13 edisi Copa America berikutnya, timnas Argentina tak pernah kalah pada laga pertama. Mereka tercatat membukukan delapan kemenangan dan lima kali imbang. Hasil imbang terakhir diraih pada Copa America 2015. Kala itu, La Albiceleste diimbangi timnas Paraguay 2-2.

Bila ditelusur lebih jauh hingga era Campeonato Sudamericano yang diawali pada 1916, hasil melawan timnas Kolombia pada Copa America 2019 adalah kekalahan ketiga timnas Argentina pada laga perdana. Satu kesempatan yang juga diawali kekalahan adalah pada 1919. Ketika itu, mereka takluk 2-3 dari timnas Uruguay.

Bagi Lionel Messi dkk., kekalahan dari timnas Kolombia pada Copa America 2019 harus jadi peringatan. Pasalnya, dalam dua kesempatan sebelumnya, timnas Argentina selalu gagal juara saat memulai kiprah dengan kekalahan. Pada Copa America 1979, mereka bahkan tersisih pada fase grup. Mereka hanya berada di posisi ketiga, kalah dari timnas Brasil dan Bolivia.

Comments
Loading...