Dilepas Bayern Munich, Arjen Robben Putuskan Pensiun

Football5star.com, Indonesia – Legenda sepak bola Belanda, Arjen Robben, resmi memutuskan untuk gantung sepatu setelah dilepas Bayern Munich pada Jumat (5/7) dinihari WIB. Salah satu hal yang membuat Robben mantap untuk pensiun adalah, faktor cedera yang seringkali menghinggapinya,

Sebelum resmi memutuskan untuk pensiun, dua klub Belanda yang berminat untuk menggunakan jasa Arjen Robben pada musim 2019-20 mendatang. Kedua klub itu adalah PSV Eindhoven dan FC Gronigen.

“Seperti yang sudah diketahui oleh semua orang. Saya mengambil waktu yang cukup lama untuk membuat keputusan setelah menjalani pertandingan terakhir bersama Bayern. Sekarang, saya sudah memutuskan untuk pensiun sebagai pesepak bola profesional,” kata Robben dikutip dari The Guardian.

“Kecintaan saya terhadap sepak bola dihadapkan dengan sebuah realita pahit karena ada beberapa hal yang tidak berjalan sesuai dengan rencana. Saya sudah bukan lagi remaja 16 tahun yang tak paham efek dari berbagai cedera yang mendera,” katanya menambahkan.

Salah satu kenangan termanis Robben selama berkarier sebagai pesepak bola adalah, kesempatan untuk bermain untuk timnas Belanda. Pria 35 tahun itu berhasil mengoleksi 90 caps dalam 14 tahun berkarier di level internasional.

“Mungkin hal ini terdengar sedikit klise. Tapi, tak ada hal yang lebih baik ketimbang merepresentasikan Belanda di level internasional. Saya akhirnya bisa meraih 96 caps dan bermain di enam turnamen besar. Selain itu, saya juga merasa bangga karena ditunjuk menjadi kapten di tahun-tahun terakhir bersama timnas Belanda,” tandasnya.

Comments
Loading...