Dinilai Banyak Kejanggalan dari Wasit, Persib Layangkan Protes ke LIB

Football5Star.com, Indonesia – Persib Bandung resmi melayangkan surat protes kepada PT Liga Indonesia Baru (PT LIB) selaku operator kompetisi. Protes tersebut berkaitan dengan pertandingan kontra Madura United, Sabtu lalu (5/10/2019).

Persib menilai banyak kejanggalan dari wasit Faulur Rosy beserta para asistennya yang memimpin pertandingan tersebut. Surat itu juga disampaikan sebagai tembusan kepada Plt. Ketua Umum PSSI Pusat, Iwan Budianto, Sekjen PSSI Pusat,Ratu Tisha Destria, Ketua Komisi Disiplin PSSI Pusat, Asep Edwin dan Komite Wasit PSSI Pusat, Condro Kirono.

Selain itu, mereka pun menyertakan bukti berupa video. Diantaranya adalah ketika para pemainnya melakukan pelanggaran yang mereka anggap bukanlah suatu pelanggaran.

Tercatat tak kurang dari 24 pelanggaran dilakukan oleh Nick Kuipers dkk di pertandingan tersebut. Tak terkecuali hukuman penalti terhadap keputusan kontroversial atas pelanggaran yang dilakukan Achmad Jufriyanto terhadap Diego Assis di menit ke-61. Sedangkan, Madura United hanya melakukan 9 kali pelanggaran terhadap Persib.

Dinilai Banyak Kejanggalan dari Wasit, Persib Layangkan Protes ke LIB
Persib.co.id

Isi Surat Protes

“Menurut pendapat kami, data statistik tersebut menunjukkan sesuatu yang tidak wajar dan perlu dievaluasi lebih lanjut,” tertulis dalam kutipan dalam surat bernomor 01/DIR-PBB/X/2019 itu tanggal 7 Oktober 2019, seperti dikutip Football5Star.com dari laman resmi klub. 

Persib pun mempertanyakan terkait keputusan wasit yang hanya memberi tambahan waktu selama 2 menit di akhir babak kedua. Pasalnya, ketika salah satu pemain mereka, Omid Nazari mengalami cedera dan membutuhkan perawatan pun sudah menghabiskan waktu hampir 6 menit.

“Selain itu, dengan mempertimbangkan banyaknya pelanggaran yang menyebabkan pertandingan terhenti cukup lama. Sebagai contoh insiden pelanggaran penalti dan pelanggaran terhadap Omid Nazari sendiri sudah menghabiskan waktu sekitar hampir 6 menit), dan wasit hanya memberikan tambahan waktu 2 menit.” tertulis dalam surat. 

Oleh sebab itu, PERSIB menuntut kebijaksaan PT LIB selaku operator dan Komisi Disiplin PSSI untuk bisa mengevaluasi kinerja wasit guna menciptakan suasana kompetisi yang fair dan sportif.

“Kami mohon agar wasit yang bertugas pada pertandingan Shopee Liga 1 2019, hari Sabtu, 5 Oktober 2019 antara Tim Madura United melawan Tim PERSIB Bandung bertempat di Stadion Gelora Bangkalan, Madura, untuk dievaluasi apakah sudah menjalankan tugasnya dengan fair. Dan apabila pendapat kami adalah benar, kami mohon agar wasit tersebut diberikan sanksi yang memadai serta tidak lagi ditugaskan untuk selama-lamanya,” papar surat bertanda tangan direktur PT PERSIB Bermartabat, Teddy Tjahjono itu.

Adapun perangkat pertandingan yang bertugas tersebut adalah sebagai berikut: 

Inspektur Wasit: A.A Ngurah Putra Agung asal Denpasar 

Match Commisioner: Fani Adi Nugroho, Spd asal Semarang

W a s i t : Faulur Rosy asal Banda Aceh

Asisten Wasit 1: Muchlish asal Langsa

Asisten Wasit 2: Ferry Dharmawan asal Jakarta Timur

Wasit Cadangan: Ikhsan Prasetya Jati asal Bantul

Comments
Loading...