Dinilai Terlalu Cantik Mirip Jisoo Blackpink, Pesepak Bola Korea Pensiun Muda

Football5star.com Indonesia – Nama Kang Soo-jin tengah viral di jagat sepak bola Korea Selatan setelah memutuskan pensiun dalam usia muda. Alasan wanita berusia 23 tahun itu gantung sepatu cukup menarik, yakni tertekan gegara kecantikannya lebih dieksploitasi.

Dikutip dari sejumlah media Korea Selatan, Kang Soo-jin meraih popularitas instan karena dinilai terlalu cantik untuk bermain sepak bola. Bahkan, ada yang menyebutnya memiliki kemiripan dengan Jisoo, salah satu personel grup Kpop, Blackpink. Soo-jin pun dianggap memiliki kecantikan yang bahkan melebihi rata-rata personel idol grup di Korea Selatan.

Kang Soo-jin Korea Selatan - Instagram 3
Instagram Kang Soo-jin

Padahal, Soo-jin semula berharap karier sepak bolanya bisa mentereng di pentas nasional hingga internasional. Apalagi, dia sudah merintis kariernya itu selama 14 tahun, alias sejak masa anak-anak.

Kang Soo-jin juga sempat masuk pilihan salah satu klub peserta WK League (Liga Sepak Bola Wanita Korea Selatan), Gumi Sportstoto WFC pada periode draft 2019. Namun, momen itu justru menjadi awal melesatnya popularitas mahasiswi Korea University tersebut.

Bermula dari sebuah unggahan artikel berjudul “Rookie Soccer Player Famous for Being Pretty“, nama Kang Soo-jin mulai viral. Tidak sedikit penggemar sepak bola di Korea Selatan yang mulai menyorotinya jelang menjadi rookie di WK League pada musim 2020.

Kang Soo-jin Korea Selatan - Instagram 1
Instagram Kang Soo-jin

Seiring jalannya waktu, Soo-jin mulai merasa kariernya berada di ujung jalan setelah mengalami cedera anterior cruciate ligament. Perempuan kelahiran 1997 itu harus melewatu lebih dari setahun masa penyembuhan dan rehabilitasi cedera.

14 Tahun Merintis Karier Harus Kandas Karena Tekanan Mental

Alhasil, Kang Soo-jin yang disebut-sebut mirip dengan Jisoo Blackpink itu membuat keputusan berani, mengakhiri karier sepak bolanya. Keputusan pensiun setelah 14 tahun merintis karier diumumkan dalam unggahan di SNS pada Sabtu (6/3/2021).

“Aku sudah memikirkan matang sampai menulis ini. Aku harus mengakhiri 14 tahun kehidupan sepak bolaku dan memulai hidup keduaku. Aku harus berhenti dari sepak bola yang sudah kumainkan lebih dari separuh usiaku. Jelas ini hal yang aku sesalu, sekaligus tak bisa kuratapi,” bilang Soo-jin, dikutip Football5star.com dari Koreaboo.

Kang Soo-jin Korea Selatan - Instagram
Instagram Kang Soo-jin

Meski harus pensiun dini, dia tetap bersyukur bisa merasakan karier sepak bola profesional dan tampil di layar televisi. Namun, tekanan publik dan media yang terlalu menyoroti kecantikannya membuat Soo-jin mengalami tekanan yang tak bisa diatasinya.

“Aku ingin bermain sepak bola dengan normal. Namun sejak aku masuk draft profesional, aku semakin stres karena banyaknya perhatian media. Tubuhku juga tidak dalam kondisi baik. Ada banyak kesulitan mental yang kuhadapi. Aku sadar suatu saat akan berhenti dari sepak bola, tapi tak mengira waktu itu datang begitu cepat,” tuturnya menambahkan.

Kang Soo-jin Korea Selatan - Instagram 2
Instagram Kang Soo-jin

Kang Soo-jin sudah mulai bermain sepak bola sejak duduk di kelas 4 sekolah dasar di Kepulauan Jeju. Dia pun terus mengasah permainan sepak bolanya di Hyundai Chungwoon Middle School dan Hyundai High School di Ulsan.

Karier sepak bolanya mulai menanjak saat memasuki bangku kuliah di Korea University. Bahkan, dia sempat bermain untuk tim nasional usia muda Korea Selatan dan tampildi kejuaraan internasional.

“Aku senang bisa merasakan bermain di tim nasional usia muda, menghadapi pemain asing, menjadi juara, serta bermain di Gyeonggi-do. Aku merasakan pengalaman bagus di sepak bola,” ucap wanita yang sekilas memang mirip Jisoo Blackpink itu.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More