Diogo Jota Masuk Jajaran Pemain Elite dan Langka di Liga Europa

Football5Star.com, Indonesia – Penampilan ciamik ditunjukkan Diogo Jota ketika Wolverhampton Wanderers menjamu Espanyol, Jumat (21/2/2020) dini hari WIB. Pada laga leg I babak 32-besar Liga Europa tersebut, dia mencetak hat-trick yang membawa klubnya menang 4-0.

Hat-trick Diogo Jota dimulai pada menit ke-15. Berawal dari sepak pojok yang disundul Raul Jimenez, dia menyambar bola dengan sepakan kaki kanannya. Pada babak kedua, kaki kanan Jota kembali menjebol gawang lawan, tepatnya saat pertandingan memasuki menit ke-67 dan 81.

Gol pada menit ke-67 dicetak setelah dia menerima umpan terobosan di dalam kotak penalti. Adapun gol ketiga dibuat lewat tendangan dari luar kotak penalti setelah menggiring bola sebentar dari sisi kiri.

independent.co.uk

Hat-trick ke gawang Espanyol bukanlah yang pertama bagi pemain asal Portugal itu pada perhelatan Liga Europa musim ini. Sebelumnya, pada laga terakhir Grup K, dia juga membukukan tiga gol. Saat itu, Wolverhampton Wanderers juga menang 4-0.

Dua hat-trick beruntun menjadikan Diogo Jota masuk jajaran pemain elite pada ajang Liga Europa. Sebelumnya, hanya ada satu pemain yang sanggup melakukan hal tersebut. Dia adalah striker asal Belanda, Klaas-Jan Huntelaar.

Huntelaar membuat dua hat-trick beruntun pada musim 2011-12. Trigol pertama dibukukan saat FC Schalke 04 menang 3-1 atas Viktoria Plzen pada leg II babak 32-besar. Adapun trigol kedua dibuat ketika Die Knappen menang 4-1 atas FC Twente Enschede pada leg II babak 16-besar. Sekadar catatan dia absen karena cedera saat leg I babak 16-besar.

Pada perhelatan Liga Europa, Diogo Jota pun tercatat sebagai pemain ketiga yang mencetak dua hat-trick pada satu musim. Selain Huntelaar, satu pemain lain yang melakukan hal tersebut adalah Edin Dzeko pada 2016-17 bersama AS Roma. Dia menjejalkan trigol kala melawan Viktoria Plazen pada fase grup dan Villarreal pada leg I babak 32-besar.

diogo jotaEdin DzekoEspanyolKlaas-Jan HuntelaarLiga EuropaWolverhampton Wanderers