Dominasi Spanyol Di Kompetisi Eropa Kian Terasa

Sevilla baru saja mengukir prestasi spesial. Usai mengalahkan Liverpool pada final pada Kamis (19/5), Los Rojiblancos sukses meriah trofi Liga Europa untuk ketiga kali secara beruntun. Hal ini semakin mempertegas dominasi klub-klub Spanyol di kompetisi antarklub Eropa.

Keberhasilan Sevilla ini menciptakan catatan menarik. Trofi Liga Europa yang mereka rebut pada musim ini memastikan Spanyol menjadi negara asal pemenang Liga Europa atau Piala UEFA terbanyak.

Sejauh ini sudah ada sepuluh trofi Piala UEFA/Liga Europa yang dibawa ke Negeri Matador. Hal ini melewati prestasi Italia yang memiliki sembilan piala tersebut.

Sevilla menjadi penyumbang trofi terbanyak dengan lima piala. Prestasi mereka disusul oleh duek Kota Madrid, yakni Real Madrid dan Atletico Madrid, yang sama-sama pernah dua kali menjuarainya. Satu trofi lainnya disumbangkan oleh Valencia.

Dominasi Spanyol bakal kian terasa sebentar. Pasalnya, Liga Champions sudah dipastikan bakal digaet oleh tim asal Spanyol karena Atletico dan Madrid berduel di final.

Menurut Marca, masa-masa kejayaan sepak bola Spanyol di Eropa mulai terasa sejak 2008. Sejak saat itu hingga kini sudah ada 26 trofi yang diperebutkan mulai dari ajang Liga Champions, Liga Europa, Piala Super Eropa, dan Piala Eropa. Selama itu, sebanyak 69 persen piala dimenangi oleh tim asal Spanyol hingga final Liga Champions musim ini.

Perinciannya adalah ada 17 piala yang digaet oleh wakil Negeri Matador. Barcelona menjuarai enam piala. Atletico merebut empat trofi. Sedangkan Sevilla meraih tiga titel juara. Madrid dan timnas Spanyol sama-sama menyumbang dua piala.

Jumlah itu akan segera bertambah menjadi 18 piala pada 29 Mei nanti. Salah satu di antara Atletico atau Madrid akan merebut piala Liga Champions untuk semakin mempertegas dominasi Spanyol di Eropa.

 

 

Comments
Loading...