Dortmund Sukses Berkat Akademi dan Pemain Muda

Football5Star.com, Indonesia – Borussia Dortmund selama ini memang dikenal sebagai tim yang mengandalkan pemain muda potensial, baik yang berasal dari akademinya sendiri maupun dari rekrutan klub lain. Kenyataan ini juga diakui oleh mantan pemainnya, Karl-Heinz Riedle. Ia pun mengakui hal tersebut jadi salah satu faktor kesuksesan Die Borussen.

Akademi Dortmund berhasil memunculkan nama-nama tenar yang kini menjadi pondasi utama tim nasional Jerman seperti Mario Goetze dan Marcus Reus. Selain itu ada nama-nama Nuri Sahin (Turki) dan Christian Pulisic (Amerika Serikat).

Selain itu, pencarian bakat pemain hingga ke seluruh dunia juga menjadi salah satu keunggulan Dortmund. Berkat kejelian pencari bakat mereka pula bisa menemukan Robert Lewandowski, Ilkay Gundogan, dan Shinji Kagawa.

“Setiap pemain, termasuk dari Asia, harus disiplin tinggi dan bekerja keras kalau mau berkompetisi di level tertinggi,” tutur Riedl, Selasa (10/10/2017).

Pria yang memperkuat Dortmund pada 1993-1997 dan mencetak gol di partai final Liga Champions 1997 ini juga sangat menyenangi Kagawa. Baik dirinya dan pelatih peter Bosz menyanjung pemain asal Jepang ini baik di dalam maupun luar lapangan.

“Kagawa sangat disiplin. Ia selalu datang tepat waktu dan sangat ramah. Saya, Bosz, dan seluruh tim Dortmund menyukainya,” tambahnya.

Klub sekota Schalke 04 ini setiap musimnya selalu mengorbitkan pemain juniornya. Bahkan remaja berusia 12 tahun, Yousoufa Moukoko, sudah menjadi bagian tim U-17 Dortmund. Ia diprediksi akan menjadi bagian di tim utama beberapa tahun lagi.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More