Dosa Sir Alex Ferguson di Perjalanan Karier Striker Angola

Football5starcom, Indonesia – Fans Manchester United mungkin asing dengan nama striker Angola bernama Manucho. Pemain bernama lengkap Mateus Alberto Contreiras Gonçalves tersebut datang ke Old Trafford di pertengahan musim 2007/08.

Sir Alex Ferguson saat itu kepincut dengan penampilan Manucho saat United melakoni laga pramusim melawan tim Petro Athletico. Manucho saat itu memang jadi bomber andalan bagi Petro. Bergabung dari 2002, Manucho mengoleksi 34 gol bersama Petro Athletico.

United yang saat itu tengah mengikuti padatnya jadwal kompetisi di Liga Inggris dan Liga Champions, membutuhkan striker cadangan demi bisa merotasi pemain di setiap pertandingan. Pada musim 2007/08, United sebenarnya memiliki stok pemain depan berlimpah.

manutd.com

Ada Wayne Rooney, Cristiano Ronaldo, Carlos Tevez, Ole Gunnar Solskjaer, Louis Saha, hingga striker asal Cina Dong Fangzhou. Pembelain Manucho pun dianggap sebagai perjudian bagi Sir Alex.

Apalagi saat itu United mengontrak Manucho dengan durasi cukup lama tiga tahun. Penilaian Sir Alex saat itu untuk menyodorkan kontrak tiga tahun untuk Manucho hanyalah laga uji coba selama tiga minggu.

Faktanya Manucho gagal total bersama United. Ia tercatat hanya satu kali membela tim berjuluk Red Devils di Liga Inggris musim itu. Menariknya di satu-satunya pertandingan bersama United tersebut, ia menjalaninya dengan raihan kemenangan. United kala itu menang 5-0 atas Stoke City.

16 Menit yang mengubah segalanya

15 November 2008 jadi salah satu tanggal yang mungkin tidak akan dilupakan oleh seorang Cristiano Ronaldo. Di tanggal itu, Ronaldo mencatatkan gol ke-100 bagi Manchester United di laga melawan Stoke City yang berlangsung di Old Trafford.

Lewat aksi free kick dari jarak 25 yard, Ronaldo seperti dikutip Football5star.com dari laporan pertandingan BBC, Sabtu (13/12/2019) mencetak gol ke-100 bagi Red Devils. Laga itu tentu berkesan bagi seorang Ronaldo.

Hal sama mungkin juga dirasakan oleh Manucho. Ia masuk sebagai pemain pengganti di laga tersebut menggantikan Carlos Teves pada menit ke-74. Praktis ia hanya merasakan rumput Old Trafford selama 16 menit.

Berbeda dengan Ronaldo yang sempat memeluknya saat merayakan gol ke-100, bagi Manucho laga melawan Stoke City itu mengubah perjalanan kariernya di Liga Inggris. Berharap bisa bersinar bersama United, Manucho setelah laga ini tersisihkan.

Ia justru kalah dengan striker berusia 17 tahun yang saat itu juga masuk sebagai pemain pengganti, Danny Welbeck. Pasalnya Welbeck pada laga itu sukses mencetak gol indah. Sebelum dimainkan sebagai pemain pengganti di laga melawan Stoke City, Manucho sempat juga dimainkan Sir Alex di Piala Carling melawan Middlesbrough pada September 2008.

Manucho terusir dari Old Trafford. Sir Alex tak puas dengan penampilannya dengan meminjamkan ke klub Yunani Panathinaikos di sisa musim itu. Sayangnya di Panathinaikos, ia pun gagal dan kembali dipinjamkan ke Hull City.