Drogba Minta Pelaku Sepak Bola Afrika Tak Fatalis

Football5star.com, Indonesia – Piala Dunia 2018 jadi kenangan pahit bagi sepak bola Afrika. Tak satu pun dari lima wakil yang berhasil lolos ke fase gugur. Mesir, Nigeria, Maroko, Tunisia, dan Senegal kandas di fase grup. Legenda sepak bola Pantai Gading, Didier Drogba, berharap insan sepak bola Afrika memetik pelajaran penting.

“Ini hasil yang sulit bagi tim-tim Afrika. Namun, saya pikir ini juga bagus. Justru penting untuk melihat dan menyaksikan ini untuk memahami bahwa kami butuh perubahan,” urai Drogba, Sabtu (14/7/2018), seperti dikutip Football5Star.com dari Russia Today.

Senegal tersisih karena nilai kedisplinan yang buruk.
fifa.com

Secara khusus, mantan penggawa Chelsea itu menyinggung sikap fatalis orang-orang Afrika. “Di Afrika Barat, jika Anda tak mendapat hasil yang diharapkan, orang akan berkata, ‘Tak mengapa, kita akan lebih baik pada kesempatan lain. Ini sudah kehendak Tuhan,” ucap dia.

Drogba tak memandang sikap itu sepenuhnya negatif. Namun, menurut dia, itu bisa jadi rintangan bagi sepak bola Afrika untuk maju.

“Saya juga punya mentalitas itu. Namun, pada saat bersamaan, saya juga benci kalah,” tegas dia. “Saya pikir, kami perlu meyakini bahwa kami bisa datang ke Piala Dunia dan memenanginya. Jadi, bukan hanya datang untuk berpartisipasi.”

Menurut pria yang juga sempat membela Olympique Marseille itu, hal terpenting dalam perbaikan sepak bola Afrika adalah soal konsistensi dan organisasi yang lebih baik. Dalam pandangannya, Afrika sudah punya ciri khas yang bisa terus dipertahankan. Namun, untuk berprestasi, perlu keteraturan dan kesinambungan yang baik.


Jangan lupa ikutan kuis Football5star.com. Prediksi skor pertandingan Piala Dunia 2018 dengan kesempatan membawa pulang Mobil Honda Brio, Motor Honda Vario, Motor Honda Beat, dan banyak lagi hadiah menarik. Buruan daftar di kuis.football5star.com

Comments
Loading...