Drogba: Piala Dunia 2018 Adalah Bukti Kemunduran Afrika

Football5star.com, Indonesia – Timnas Senegal gagal meneruskan langkah mereka ke babak 16 besar Piala Dunia 2018 usai menelan kekalahan 0-1 dari Kolombia di laga terakhir Grup H.

Dengan hasil ini Senegal mengoleksi 4 poin, raihan mereka sebetulnya sama dengan Jepang yang juga keok dari Polandia. Namun berdasarkan sistem fair play point, Senegal tersingkir karena mereka mengumpulkan lebih banyak kartu kuning (6) daripada Jepang (4).

Tereliminasinya Senegal di fase penyisihan grup, memastikan tak akan ada wakil dari Afrika yang melaju ke fase gugur. Kondisi ini mengulang catatan serupa pada Piala Dunia 1982. Ketika itu, dua wakil Afrika yakni Kamerun dan Aljazair tak lolos dari fase grup pertama.

Bagi mantan penggawa Timnas Pantai Ganding, Didier Drogba, tidak adanya wakil “Benua Hitam” di babak 16 besar Piala Dunia 2018 menjadi pertanda sepak bola Afrika mengalami kemunduran besar.

Eks pemain Chelsea ini meyakin ada ketidaktepatan strategi yang dilakukan tim-tim Afrika sehingga mereka gagal bersaing dengan tim asal Amerika Latin dan Eropa. Namun, di tengah kekecewaan Drogba, terselip juga suatu harapan suatu saat nanti wakil Afrika bisa berprestasi di kancah dunia.

“Ini adalah sebuah kemunduran yang besar. Apa yang akan wakil Afrika lakukan di Piala Dunia selanjutnya? Kami punya potensi, kami punya uang untuk mengembangkan banyak hal, tapi kami butuh lebih dari itu,” papar Drogba dilansir BBC Sport, Jum’at (29/6/2018) waktu setempat.

“Kami wajib menyamai konsistensi dan level permainan tim-tim dari Eropa dan Amerika Latin. Saya juga berpikir ini menjadi kesempatan untuk semua tim Afrika agar mempertimbangkan kembali strategi supaya bisa melangkah lebih maju,” tambahnya.

“Kami bisa berhasil di masa depan. Tapi, kami harus berpikir kembali bagaimana caranya untuk bisa bersaing di kompetisi sebesar ini (Piala Dunia),” pungkas Drogba.


Jangan lupa ikutan kuis Football5star.com. Prediksi skor pertandingan Piala Dunia 2018 dengan kesempatan membawa pulang Mobil Honda Brio, Motor Honda Vario, Motor Honda Beat, dan banyak lagi hadiah menarik. Buruan daftar di kuis.football5star.com