Dua Bulan Jelang Piala Dunia, Jepang Pecat Pelatih

Football5Star.com, Indonesia – Kabar mengejutkan datang dari Timnas Jepang. Dua bulan jelang kick off Piala Dunia 2018, Negeri Matahari Terbit justru memecat pelatih mereka, Vahid Halihodzic.

Keputusan ini pun mengundang tanda tanya mengingat pelatih asal Bosnia itu berjasa besar atas lolosnya Shinji Kagawa dan kolega ke Rusia. Apalagi di babak kualifikasi zona Asia, mereka tergabung dalam grup berat bersama Australia.

Kuat dugaan jika pemecatan tersebut didasari oleh dua hasil buruk yang didapat Tim Samurai pada laga persahabatan terakhir, yang mana mereka hanya mampu bermain imbang 1-1 melawan Mali dan takluk 1-2 dari Ukraina.

Adapun Halihodzic ditunjukan Federasi Sepak Bola Jepang (JFA) pada 2015 lalu untuk menggantikan Javier Aguirre. Sepanjang kariernya Halihodzic pernah menggores tinta emas ketika sukses mengantar Aljazair melaju ke 16 besar Piala Dunia empat tahun lalu di Brasil.

Sementara itu, Jepang tidak membutuhkan waktu lama untuk mencari pengganti sang pelatih. Mereka baru saja menunjuk mantan Direktur Tekniknya, Akira Nishino, untuk membesut tuan rumah Piala Dunia 2002 silam tersebut.

Nishino memang bukan nama baru di kancah sepak bola Jepang. Ia sebelumnya pernah menangani Tim U-20 dan U-23 Jepang. Selain itu, pelatih 63 tahun tersebut juga pernah membawa Gamba Osaka menjadi raja di kompetisi J-League dari 2002 hingga 2011 lalu.

Di sisi lain, Halihaodzic adalah pelatih kedua yang berhenti sebelum Piala Dunia dimulai. Sebelumnya Australia sudah lebih dulu ditinggal Ange Postecoglu.

Comments
Loading...