Dua Catatan Negatif Mandzukic di Final Piala Dunia 2018

Football Live Star Football5Star.com, Indonesia РMario Mandzukic menjadi pahlawan timnas Kroasia saat semifinal Piala Dunia 2018. Namun, di final, dia mendapat pengalaman tak mengenakkan. Dua catatan negatif dibuat penyerang Juventus itu saat menghadapi timnas Prancis pada final Piala Dunia 2018 di Stadion Luzhniki, Minggu (15/7/2018).

Sundulan Mario Mandzukic yang membobol gawang sendiri saat melawan Prancis di final Piala Dunia 2018.
standard.co.uk

Catatan negatif pertama tentu saja gol bunuh diri yang dibuat pada menit ke-18. Saat menghadapi tendangan bebas Antoine Griezmann, sundulan Mandzukic malah membuat bola menembus gawang Kroasia yang dikawal Danijel Subasic.

Itu tercatat sebagai gol bunuh diri pertama yang tercipta di final Piala Dunia. Sebelumnya, sejak Uruguay 1930 hingga Brasil 2014, tak ada gol bunuh diri saat laga penentuan juara.

Catatan negatif kedua masih terkait dengan gol bunuh diri itu. Berhasil mencetak gol dengan memotong bola yang coba diumpan kiper Hugo Lloris, dia menyamai rekor Ernie Brandts yang telah bertahan 40 tahun. Di Piala Dunia 1978, Brandts menjebol gawang tim sendiri dan lawan secara bersamaan saat timnas Belanda menghadapi Italia.

Berbeda dengan Mandzukic, Brandts tidak melakukannya di final. Dia mencetak gol dan bunuh diri di laga terakhir fase grup kedua. Artinya, Mandzukic adalah orang pertama yang menjebol gawang tim sendiri dan lawan di final Piala Dunia.


Tahukah Anda?

Mario mandzukic menjadi satu-satunya penyerang murni yang membela timnas Kroasia sejak laga kedua di fase grup Piala Dunia 2018. Itu karena Nikola Kalinic dipulangkan pelatih Zlatko Dalic gara-gara tak mau masuk sebagai pengganti dalam laga melawan timnas Nigeria.

Comments
Loading...