Dua PR Utama Timnas Jerman Menurut Joachim Loew

Football5Star.com, Indonesia – Timnas Jerman memasuki babak baru pada tahun ini. Joachim Loew, sang pelatih, melakukan perubahan besar. Di antaranya menyingkirkan Thomas Mueller, Mats Hummels, dan Jerome Boateng dari timnya.

Hal itu didasari kebutuhan timnas Jerman untuk menyesuaikan diri dengan perkembangan sepak bola masa kini. Secara khusus, dia mengungkapkan dua pekerjaan rumah yang dihadapi Marco Reus dkk.

Pekerjaan rumah pertama menyangkut fleksibilitas dalam permainan. Dia menginginkan anak-anak asuhnya mampu bermain sama baiknya dengan sistem empat pemain belakang ataupun tiga pemain belakang.

Timnas Jerman diharapkan Joachim Loew mampu mengatasi kekurangan yang masih ada saat ini.
dfb.de

“Kami telah sering mengubah dari empat pemain belakang ke tiga pemain belakang. Ini juga jadi hal terpenting untuk beberapa bulan ke depan,” ungkap Joachim Loew, Selasa (19/3/2019) seperti dikutip Football5Star.com dari laman resmi DFB. “Tim harus menguasai dua taktik dasar.”

Menurut mantan pelatih VfB Stuttgart itu, pemahaman terhadap taktik berbeda sangat diperlukan untuk menjamin organisasi permainan yang baik. Dia meyakini tak ada masalah berarti andai organisasi permainan dapat dijaga dengan baik.

Pekerjaan rumah kedua menurut Joachim Loew adalah transisi dari menyerang ke bertahan dan sebaliknya. “Kami perlu meningkatkan kemampuan bertahan setelah kehilangan bola. Kami benar-benar rapuh saat menghadapi Belanda. Kami juga ingin memperbaiki kemampuan menghadapi set pieces dan transisi menyerang cepat.”

Dalam pengamatan pelatih berumur 59 tahun itu, transisi dalam permainan inilah yang membedakan timnas Jerman dengan tim-tim lain di Eropa. “Dalam banyak pertandingan, kami lebih sering menguasai bola, tapi lambat saat menyerang ke gawang lawan,” papar dia.

Joachim Loew saat ini tengah mempersiapkan timnas Jerman untuk uji tanding melawan timnas Serbia. Setelah itu, mereka akan memulai perjuangan di Kualifikasi Piala Eropa 2020 dengan melawan timnas Belanda di Stadion Johan Cruyff ArenA, Amsterdam.

Comments
Loading...