Dua Wakil di Semifinal, Jaminan Klub Inggris Ada di Final Liga Champions?

Football5Star.com, Indonesia – Inggris dipastikan punya dua wakil pada semifinal Liga Champions. Liverpool lolos ke 4-besar setelah menghajar FC Porto dengan agregat 6-1. Sementara itu, Tottenham Hotspur unggul gol tandang atas Manchester City setelah dua leg perempat final berakhir 4-4.

Lalu, apakah itu pertanda bagus bagi Inggris pada gelaran Liga Champions musim ini? Berapa besar kans wakil negeri Pangeran Charles itu menjadi juara?

Tottenham Hotspur menyingkirkan sesama wakil Inggris untuk lolos ke semifinal Liga Champions.
standard.co.uk

Berdasarkan catatan sejak era Liga Champions pada 1992-93, keberadaan dua wakil pada semifinal adalah sinyal bagus bagi Inggris. Dari 17 kesempatan sebuah negara mengirimkan setidaknya dua wakil ke semifinal, hanya dua kali yang gagal memiliki wakil pada partai puncak. Artinya, kans Inggris memiliki wakil pada final mencapai 88,2 persen.

Dua anomali tersebut terjadi secara beruntun pada 2011-12 dan 2011-12. Pada dua musim itu, dua wakil Spanyol, Barcelona dan Real Madrid, lolos ke semifinal. Namun, tak satu pun yang berhasil melaju ke final. Satu catatan menarik, dua wakil Spanyol pada semifinal musim 2012-13 dikandaskan oleh dua wakil Jerman.

Lalu, bagaimana dengan kans juara? Lumayan besar juga. Dari 15 kesempatan, 12 kali tim yang dominan di semifinal dan meloloskan tim ke final berhasil juara. Persentasenya mencapai 80 persen. Bahkan, enam kali terjadi final dengan dua wakil negara yang sama.

Kasus Pertama Wakil Inggris

Ketika Wakil Inggris Dominasi Semifinal Liga Champions
Asep/Football5Star.com

Keberhasilan Inggris meloloskan dua wakil ke semifinal Liga Champions pada musim ini bukanlah kali pertama. Sebelumnya, hal ini telah empat kali terjadi. Pada tiga kesempatan, mereka malah memiliki tiga wakil. Itu terjadi pada musim 2006-07, 2007-08, dan 2008-09.

Akan tetapi, musim ini adalah kali pertama dua wakil Inggris menghadapi dua wakil negara lain pada semifinal. Pada 2006-07 hingga 2008-09, tentu saja hanya satu wakil Inggris yang menghadapi wakil negara lain. Sementara itu, pada 2004-05, Chelsea dan Liverpool berjibaku pada semifinal.

Khusus bagi Liverpool, musim ini merupakan kali keempat mereka lolos bersama wakil Inggris lain ke semifinal Liga Champions. Pada tiga kesempatan sebelumnya, dua kali mereka lolos ke final dan sekali berhasil menjadi juara. Menariknya, klub berjuluk The Reds itu selalu bersua Chelsea pada tiga semifinal tersebut.

Comments
Loading...