Bacary Sagna Lawan Rasialisme di Sepak Bola dengan Bacaan Alquran

Football5star.com, Indonesia – Pelecehan rasial yang menimpa penyerang FC Porto, Moussa Marega, memicu beragam reaksi. Salah satuya mantan bek timnas Prancis, Bacary Sagna, yang coba memerangi rasialisme di sepak bola dengan bacaan Alquran.

Pelecehan rasial yang menimpa Moussa Marega terjadi dalam pertandingan Vitoria Gumares melawan Porto dalam lanjutan Liga Portugal. Ketika laga memasuki menit ke-68, Moussa Marega menolak melanjutkan pertandingan karena ejekan rasial dari para suporter tuan rumah.

Bacary Sagna Dukung Moussa Marega, Lawan Rasialisme di Sepak Bola dengan Bacaan Alquran - talksport

Hal itu sempat menghentikan laga beberapa saat. Pasalnya keputusan Moussa Marega untuk keluar ditahan oleh rekan-rekan setimnya. Tapi dia tetap bergeming dan bersikeras untuk keluar lapangan meski sudah coba ditenangkan oleh Pelatih Sergio Conceicao.

Posisinya Moussa Marega lalu digantikan oleh Wilson Manafa. Saat memasuki lorong menuju ruang ganti pemain, dia menunjukkan gestur jari tengah ke atas sebagai bentuk perlawanannya terhadap rasialisme. Tak cuma itu, dalam unggahan di aku Instagramnya, Marega juga mengutuk wasit pertandingan yang terkesan enggan membelanya.

“Aku hanya ingin memberi tahu para idiot ini yang datang ke stadion untuk membuat sorakan rasial … Enyahlah! 🖕🏾🖕🏾 Dan aku juga berterima kasih kepada wasit karena tidak membelaku dan justru memberiku kartu kuning karena saya mempertahankan harga diri warna kulitku. Aku harap tidak pernah bertemu Anda di lapangan sepak bola lagi! ANDA MEMALUKAN !!!!” tulisnya seperti dikutip Football5star.com dari unggahan foto di akun Instagram @marega11.

Dukungan dari Bacary Sagna

Sikap Moussa Marega itu ternyata menuai banyak dukungan. Salah satunya mantan bek timnas Prancis dan Manchester City, Bacary Sagna. Bahkan, Sagna mengunggah ulang foto ketika Moussa Marega mengacungkan dua jari tengah ke arah pendukung Vitoria Guimares.

Namun yang lebih menarik adalah bunyi keterangan foto yang dituliskan. Bacary Sagna menuliskan penggalan salah satu surat di Alquran. Tepatnya surat Al-Hujuraat ayat 13. Kandungan dalam ayat tersebut dianggap sebagai respons yang paling tepat bagi Sagna untuk ikut memerangi rasialisme di sepak bola.

“Oh men! Behold, We have created you all out of a male and a female, and have made you into nations and tribes, so that you might come to know one another. Verily, the noblest of you in the sight of Allah is the one who is most deeply conscious of Him. Behold, Allah is All-Knowing, All-Aware” (Quran 49:13) 👏🏾 @marega11 👏🏾,” tulis Bacary Sagna dalam bahasa Inggris.

Jika dialihkan ke bahasa Indonesia, artinya adalah: ““Wahai manusia, sesungguhnya Kami menciptakan kalian dari seorang laki-laki dan seorang perempuan, serta menjadikan kalian berbangsa-bangsa dan bersuku-suku supaya kalian saling mengenal. Sesungguhnya orang yang paling mulia di antara kalian di sisi Allah ialah orang yang paling takwa. Sesunggguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal.”

Unggahan Bacary Sagna itu lantas disukai banyak pengikut Instagram-nya. Bahkan hanya kurun waktu dua jam sejak diunggah, sudah ada 10.000 yang menyukai.