Dukung Peperangan di Suriah, Pesepak Bola Turki Alami Nasib Naas

Football5star.com, Indonesia – Pesepak bola asal Turki Cenk Sahin mengalami nasib naas karena dipecat sebagai pemain klub Jerman St Pauli. Hal ini lantaran Sahin mendukung tindakn militer yang dilakukan negaranya di Suriah.

Dikutip dari Football5star.com dari Bleacherreport, Selasa (15/10/2019) klub St Pauli melakukan tindakan tegas tersebut karena Sahin melanggar misi dan nilai-nilai luhur klub.

“Setelah melihat postingan Cenk Sahin di Instagram tentang aksi militer Turki di Suriah, manajemen klub memutuskan untuk memecat Cenk Sahin sebagai pemain. Faktor utama keputusan ini karena pemain telah mengabaikan nilai-nilai luhur St Pauli,” bunyi pernyataan resmi klub.

Menurut pihak manajemen, klub sebelum melakukan keputusan tersebut sudah berdiskusi dengan perwakilan penggemar dan dewan direksi. Keputusan tegas itu diambil manajemen, semata untuk menolak tindakan kekerasan atas nama apapun.

“Bahwa kami menolak tindakan perang adalah hal yang tidak bisa ditawar-tawar. Tindakan Sahin justru melukai mereka yang menjadi korban peperangan.”

Beberapa waktu lalu, postingan Sahin di akun Instagram pribadinya memang menimbulkan kemarahan bagi sebagian besar pendukung St Pauli. Akan tetapi pemecatan Sahin justru menimbulkan reaksi dari publik Turki.

Sejumlah warganet asal Turki menilai keputusan St Pauli justru melukai nilai demokrasi soal kebebasan pemain untuk berbicara dan menyatakan pemikirannya.

“Intinya klub tidak menyukai apa yang dia katakan sehingga memecatnya. Orang Jerman seharusnya bisa belajar lebih baik mengenai kebebasan berpendapat,” kata salah satu warganet Turki.

Comments
Loading...