Dukungan Thierry Henry kepada Striker Muda Norwich yang Idap Penyakit Langka

Football5star.com, Indonesia – Striker muda Norwich, Shae Hutchinson tengah berusaha mencari pendonor untuk melakukan transplantasi ginjal. Pemian berusia 19 tahun ini sejak kecil mengidap salah satu penyakit langka, Alport Syndrome.

Dukungan kepada striker muda Norwich itu pun diberikan sejumlah pihak. Salah satunya datang dari legenda Arsenal, Thierry Henry. Hutchinson adalah mantan anak didik Henry di akademi Arsenal. Pemain asal Prancis itu pun mengungkap rasa kagumnya kepada perjuangan Hutchinson melawan penyakit tersebut.

“Ini bukan kali pertama kamu menghadapinya dan kamu bisa kembali lagi bermain. Sekarang kamu harus kembali menghadapi ini. Semua pikiran saya bersama kamu, doa yang terbaik untuk kamu,” kata Henry seperti dikutip Football5star.com dari bbc, Jumat (10/4/2020).

“Kamu harus bertahan. Tetap kuat dan mudah-mudahan aku akan segera melihat kamu bermain kembali,” tambahnya.

Pada 2018 lalu, Hutchinso sempat menjalani transplantasi ginjal pertama. Ayahnya saat itu yang menjadi pendonor. Namun ginjal baru tersebut hanya bekerja 17 persen dan saat ini ia harus kembali melakukan transplantasi ginjal.

“Kamu adalah pahlawanku. Sulit dipercaya melihat apa yang sedang kamu perjuangkan dan alami saat ini.” ucap Henry.

Hutchinson sendiri beberapa waktu lalu mengatakan bahwa saat ini pihak rumah sakit dan keluarganya masih berusaha untuk mendapatkan pendonor yang sesuai.

“Saya dan keluarga masih mencari pendonor yang tepat. Kami tidak tahu kapan bisa mendapatkan pendonor yang sesuai,” kata Hutchinson.

Sekedar informasi, Alport Syndrome merupakan salah satu penyakit langka yang bersifat genetis. Penelitian di 2014 menyebutkan bahwa penyakit ini belum ada obatnya.

Penyakit ini sendiri akan mempengaruhi fungsi ginjal, penglihatan, pendengaran, dan menyebabkan kelelahan bagi penderitanya. Di tengah pandemi corona saat ini, pengidap Alport Syndrome jadi salah satu yang rentan tertular.

“Saya membutuhkan transplantasi secepat mungkin. Jika fungsi ginjal saya turun menjadi 15 persen, ini akna sangat mengkhawatirkan,” ucap Hutchinson.