Van der Sar: Ajax Diperlakukan Tak Adil di Liga Champions

Football5Star.com, Indonesia – AFC Ajax tampil luar biasa pada gelaran Liga Champions musim lalu. Anak-anak asuh Erik ten Hag mampu melaju ke semifinal dengan menyisihkan Real Madrid dan Juventus. Namun, musim ini, mereka tetap harus memulai kiprah dari babak kualifikasi. Hal itu membuat CEO Edwin van der Sar tak habis pikir.

Edwin van der Sar tahu hal itu disebabkan oleh koefisien Belanda di UEFA. Namun, menurut dia, hal tersebut harusnya tak dijadikan satu-satunya rujukan. Dalam pandangannya, klub-klub juara dari liga menengah tidak kalah dari peringkat ke-3 atau 4 dari liga yang langsung lolos ke fase grup.

“Sungguh sangat sulit untuk mengulangi kisah sukses. Lagi pula, terasa tak adil ketika mencapai semifinal Liga Champions dan menjuarai Liga Belanda dan KNVB Beker dinilai kurang berharga dari finis keempat di salah satu dari empat kompetisi di Eropa,” ucap Van der Sar seperti dikutip Football5Star.com dari Voetbal International.

bndestem.nl

Mantan penjaga gawang Manchester United itu menambahkan, “Klub-klub teras dari kompetisi menengah seperti Celtic, FC Kobenhavn, dan Ajax seharusnya tak hanya tergantung posisi negara di peringkat koefisien. Harusnya juga dinilai performa di liga lokal dan Eropa.”

Ajax dijadwalkan menjalani babak play-off pada 6 atau 7 dan 18 Agustus 2019. Lawan mereka masih belum jelas karena menanti hasil babak kualifikasi ketiga. Saat ini, Liga Champions baru memasuki babak kualifikasi pertama.

Bermain pada awal Agustus jadi tantangan tersendiri bagi Ajax. “Memulai pada babak ini berarti kami harus sudah siap jauh lebih awal. Ini tentu saja memberikan tekanan berat pada banyak aspek,” urai Van der Sar lagi.

Pria yang juga sempat membela Juventus itu pun menyebut sebagian pemain Ajax dibayangi kekelahan. Pasalnya, beberapa di antara mereka berjibaku pada ajang antarnegara pada masa libur kompetisi, yakni UEFA Nations League, Piala Afrika, dan Copa America. Para pemain itu dipastikan baru bisa bergabung dengan klubnya lebih lambat.

AFC AjaxCeltic FCEdwin van der SarLiga Champions