Eks Barcelona Berikan Saran Soal Format Piala FA

Football5star.com, Indonesia – Mantan penyerang Barcelona, Gary Lineker, mengatakan bahwa sudah saatnya Asosiasi Sepak Bola Inggris (FA) mengubah format penyelenggaraan Piala FA. Menurut Lineker, sudah saatnya FA menghapus sistem laga ulangan.

Laga ulangan merupakan salah satu ciri khas yang dimiliki oleh Piala FA. Biasanya, laga ulangan akan dilakukan apabila dua tim bermain imbang selama 90 menit. Sistem laga ulangan baru dihapuskan ketika turnamen sudah memasuki babak semifinal.

“Sedikit kontroversial memang. Tapi, saya ingin menghapuskan sistem partai ulangan Piala FA. Kedua tim hanya perlu bermain selama 90 menit dan langsung memasuki babak adu penalti jika bermain imbang,” ungkap Gary Lineker melalui akun Twitter pribadinya.

Gary Lineker - Piala FA - The Independent
The Independent

“Hal itu merupakan warisan dari masa lampau. (Penghapusan laga ulangan) akan memberikan kesempatan yang lebih besar kepada tim-tim kecil untuk bisa melaju ke babak selanjutnya. Inggris adalah satu-satunya negara yang masih melakukan hal ini,” sambung Lineker menambahkan.

Dinihari tadi, Manchester United berhasil memastikan satu tiket ke babak keempat Piala FA setelah mengalahkan Wolves di partai ulangan. Kedua tim harus melakoni partai ulangan setelah bermain imbang di pertemuan pertama pada 5 Januari lalu.

Manchester United bukanlah satu-satunya klub Premier League yang harus melakoni partai ulangan di babak ketiga. Tottenham Hotspur dan Newcastle United juga baru bisa memastikan tiket ke babak keempat melalui partai ulangan.

Comments are closed.