Eks Juventus Kritik Kultur Sepak Bola Italia

Football5star.com, Indonesia – Claudio Marchisio mengatakan bahwa buruknya kultur sepak bola Italia menjadi salah satu alasan dirinya dan Gianluigi Buffon hengkang dari Juventus. Ia pun mengaku sangat senang karena bisa bermain di luar Italia musim ini.

Pada bursa transfer Claudio Marchisio dan Gianluigi Buffon pergi meninggalkan Juventus Marchisio pergi ke Zenit St Petersburg dan Buffon memutuskan untuk menerima pinangan Paris Saint-Germain.

“Buffon sempat mengatakan bahwa dirinya akan pindah ke luar negeri lebih cepat apabila sudah menyadari buruknya kultur sepak bola Italia. Di luar negeri, para pesepak bola bisa hidup lebih nyaman dan bebas,” tutur Claudio Marchisio dikutip dari laman Football¬†Italia.

Claudio Marchisio - Italia - Juventus - France24
France24

“Di televisi, para penonton bisa menyaksikan pemandangan ketika bus tim tiba di stadion. Ada sangat banyak penjagaan yang dilakukan oleh pihak keamanan dan bahkan tak semua orang menyadari hal ini. Secara gamblang, itulah kultur sepak bola Italia.”

“Setelah saya pindah ke luar negeri, saya baru menyadari betapa besarnya penjagaan yang terjadi di Italia dan terkekangnya kami para pesepak bola,” imbuhnya.

Meskipun merasa lebih bahagia di Zenit, Claudio Marchisio sempat kesulitan untuk menunjukkan penampilan terbaiknya. Ia harus sering menepi karena kerap kali menderita cedera.

Namun, ia berhasil membayar kepercayaan yang diberikan oleh pelatih apabila diberi menit bermain. Pemain 33 tahun itu berhasil menyumbangkan dua gol dari sembilan penampilannya untuk Zenit di ajang Liga Primer Rusia pada musim 2019.

Comments
Loading...