Eks Kiper Kamerun Kenang Ramalan Jitunya di Piala Dunia 1990

Football5Star.com, Indonesia – Hari ini, 8 Juni 2020, tepat 30 tahun lalu sebuah kejutan tercipta pada gelaran Piala Dunia 1990. Sang juara bertahan, timnas Argentina, kalah 0-1 dari sang kuda hitam, Kamerun, pada laga pembuka. Meskipun mengejutkan dunia, hal itu ternyata sesuai ramalan kiper Thomas N’Kono.

Bukan hanya kemenangan atas Argentina yang diramalkan Thomas N’Kono saat itu. Dia bahkan sudah memprediksi sang pencetak gol, yakni Francois Omam Biyik. Bagi sebagian sebagai suporter Argentina, gol Omam Biyik itu masih saja menghantui meski telah 30 tahun berlalu.

“Dia adalah teman sekamar saya di Piala Dunia. Malam sebelum pertandingan, saya katakan kepada dia, ‘Francois, kamu harus istirahat karena besok kamu akan mencetak gol kemenangan.’ Sementara itu, saya bisa bersantai karena sempat dikabari tak akan bermain,” ucap Thomas N’Kono seperti dikutip Football5Star.com dari Infobae.

Gol kemenangan yang dibuat Francois Omam Biyik ternyata sesuai ramalan Thomas N'Kono.
Twitter @golazoargentino

N’Kono menambahkan, “Saya berkeras menyurun Francois tidur. Pada akhirnya, ternyata hal itu jadi kenyataan. Dia adalah sosok yang cepat, lincah, dan punya sundulan bagus. Kami tahu persis hal yang dapat dilakukannya di lapangan.”

Lucunya, kata N’Kono, Francois Omam Biyik justru tak mengingat perkataannya pada malam sebelum pertandingan itu. “Dia sama sekali lupa dan saya harus mengingatkan dia. Barulah dia berujar, ‘Ya, ya, kamu benar!'” kata eks kiper Kamerun itu.

Secara pribadi, laga Kamerun vs Argentina pada Piala Dunia 1990 adalah kejutan bagi Thomas N’Kono. Berstatus cadangan Joseph Antonie Bell, dia tiba-tiba saja dipercaya turun oleh pelatih Valeri Nepomniachi.

“Hingga lima jam sebelum pertandingan, saya masih mengira tak akan bermain. Dua pekan sebelumnya, pelatih mengatakan saya bukan starter,” urai N’Kono mengisahkan. “Ketika dia mengatakan saya akan bermain, saya menolak karena tak siap. Namun, pada akhirnya, saya memutuskan bermain karena sayalah pemain dengan pengalaman terbanyak di Piala Dunia.”

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More