Eks Pelatih Bayern Munich Sebut Pep Guardiola Bukan Pelatih Hebat

Football5Star.com, Indonesia – Pep Guardiola kerap disebut sebagai pelatih terbaik di dunia. Selain membawa tim asuhannya merebut gelar dan menorehkan rekor, dia juga mengusung gaya main khas. Namun, di mata Felix Magath, eks pelatih Bayern Munich, dia ternyata bukan siapa-siapa.

Felix Magath tak sependapat dengan anggapan Guardiola sebagai pelatih hebat. Dia bahkan cenderung menilai pria asal Spanyol itu sebagai sosok pelatih yang hanya bisa sukses bila ditunjang oleh skuat dan pemain hebat.

“Menurut saya, Guardiola terlalu sering tersesat dalam upaya memenangi pertandingan. Taktiknya kerap kali berujung putusan keliru yang tentu saja menghambat kesuksesan,” urai Felix Magath seperti dikutip Football5Star.com dari Sport Bild.

Felix Magath tak menyukai tiki-taka ala Pep Guardiola.
spox.com

Soal kesuksesan yang diraih sepanjang karier manajer Manchester City itu, Magath berujar, “Messi yang memenangkan gelar, bukan Guardiola. Tanpa Messi, sistemnya tak pernah bekerja dengan baik. Jika tidak, dia tentu sudah menjuarai Liga Champions bersama Bayern atau Manchester City.”

Magath Tak Suka Tiki-taka Ala Guardiola

Lebih jauh, Magath mengritik gaya main tiki-taka yang lekat dengan Guardiola. Dia menilai gaya main itu terlalu eksklusif karena membutuhkan pemain-pemain yang tepat. Gaya itu, kata dia, tak dapat dipakai oleh semua tim.

“Tiki-taka hanya berjalan jika Anda memiliki pemain-pemain dengan kemampuan teknik superior atas para lawan,” ujar Magath yang secara sensasional membawa VfL Wolfsburg juara Bundesliga untuk kali pertama pada 2008-09.

Felix Magath secara beruntun membawa Bayern Munich double winner pada 2004-05 dan 2005-06.
dfb.de

Bagi Magath, tiki-taka pun bukan gaya main yang memanjakan mata. “Bagi para penonton, menahan bola, begitulah saya menyebutnya, sungguh membosankan. Tim papan atas tidak benar-benar membutuhkan hal itu,” ucap gelandang yang jadi pahlawan kemenangan Hamburger SV di final Liga Champions 1982-83 melawan Juventus tersebut.

Seperti halnya Pep Guardiola, Felix Magath adalah pelatih yang sempat menuai sukses bersama Bayern Munich. Pria berdarah Kosta Rika itu bahkan tercatat sebagai pelatih pertama yang membawa Die Roten double winner secara beruntun. Pada 2004-05 dan 2005-06, dia sukses mengantar Bayern juara Bundesliga dan DFB Pokal. Prestasi itu tak dapat disamai Guardiola dalam tiga tahun menangani Die Roten.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More