Eks Pelatih Malaysia Ungkit Luka Timnas Indonesia di Piala AFF 2010

Football5Star.com – Eks pelatih Malaysia, K Rajagobal, mengungkit luka Timnas Indonesia di Piala AFF 2010. Dia mengenang kesukesan Malaysia yang berhasil menjadi kampiun pada ajang sepak bola se-ASEAN itu.

Seperti diketahui, Timnas Malaysia sebenarnya sempat babak belur oleh Indonesia di babak grup. Mereka digulung 1-5 berkat gol Cristian Goncales, M Ridwan, Arif Suyono, Irfan Bachdim dan bunuh diri Asraruddin.

Akan tetapi, kekalahan tak membuat Malaysia terpuruk. Mereka bangkit dengan menahan Malaysia dan melibas Laos. Malaysia akhirnya lolos ke semifinal dan mengandaskan Vietnam sebelum berjumpa Indonesia lagi di partai puncak.

Eks Pelatih Malaysia Ungkit Luka Timnas Indonesia di Piala AFF 2010
Dok.Kompas

“Sebagai pelatih, jelas sekali saya terkejut dan kecewa. Tetapi saya tak hilang kepercayaan kepada para pemain. Setelah berbincang dengan Tan Cheng Hoe dan melihat rekaman malam itu, kami menyimpulkan kalau tak ada yang salah dari permainan, hanya kesalahan individu saja,” ungkap Rajagobal dikutip dari Padang Bolasepak.

Lalu, Rajagobal langsung mencari cara untuk melawan Thailand hingga akhirnya berhasil main imbang. Dia merombak susunan pemain terbaiknya dan dipertahankan hingga final.

Pada babak final, Malaysia berhasil menuntaskan dendamnya kepada Timnas Indonesia. Mereka menang agregat 4-2 atas Indonesia usai menang 3-0 di Bukit Jalil dan takluk 1-2 di SUGBK.

“Saya pikir, itulah jersey biru bertuah buat kami sepanjang turnamen. Mungkn akan saya ceritakan di kemudian hari. Intinya, kami mungkin hiang harapan pada pertemuan pertama. Tapi tak pernah hilang harapan sepanjang turnamen dan berjuang jadi juara,” tutup Rajagobal.

Sampai saat ini, kemenangan itu jadi satu-satunya gelar juara yang didapatkan oleh Timnas Malaysia di Piala AFF. Rajagobal sempat kembali ditunjuk pada Piala AFF 2012 tapi hanya mampu menempati urutan keempat.