Eks Pemain Bayern Munich Yakin Bisa Jadi Pelatih Hebat

Football5Star.com, Indonesia – Eks pemain Bayern Munich, Sandro Wagner, punya keyakinan kuat dapat menjadi pelatih hebat. Dia yakin kariernya sebagai pelatih akan lebih baik dari kariernya sebagai pemain yang bisa dikatakan biasa-biasa saja.

Wagner memutuskan gantung sepatu pada Agustus lalu dalam umur yang belum terlalu tua, 32 tahun. Putusannya itu terbilang mengejutkan karena dia sempat diprediksi akan kembali bermain di Liga Jerman setelah membela Tianjin Teda di Liga Super Tiongkok.

Saat ini, Wagner tengah mengambil lisensi kepelatihan tahap awal yang memungkinkan berkiprah di sepak bola junior. Dia akan butuh waktu untuk dapat menangani tim senior di level elite karena dibutuhkan lisensi A nasional dan UEFA Pro.

tribuna.com

Wagner punya keyakinan kuat kariernya nanti akan lebih gemilang. Hal itu didasarkan pada pengalaman awalnya magang sebagai pelatih yang jadi bagian dari persayaratan memperoleh lisensi kepelatihan.

“Saya yakin bahwa saya akan lebih baik sebagai pelatih ketimbang sebagai pemain. Itu karena saya memiliki kualifikasi lebih baik untuk profesi pelatih dibanding sebagai pemain,” kata Sandro Wagner seperti dikutip Football5Star.com dari Kicker.

Menjadi pelatih memang sudah jadi tujuan Wagner dalam beberapa tahun terakhir. Dia mengakui salah satu faktor pemicunya adalah pengamatan terhadap para pelatih yang pernah menanganinya selama ini.

“Keinginan itu tumbuh antara lain dari banyak momen yang kupikir hal yang dilakukan pelatih salah. Hal itu terjadi di Liga Champions dan Bundesliga,” ujar Wagner.

Wagner Siap Ikuti Proses Panjang

eurosport.com

Optimisme itu bukan berarti Sandro Wagner meremehkan profesi pelatih. Dia tahu betul tantangan yang ada akan sangat berat. Sebagai pelatih, dia harus mengurusi banyak hal. Itu berbeda dari saat menjadi pemain yang hanya perlu memikirkan soal performa sendiri.

“Setidaknya, saya pikir saya dapat melakukan pekerjaan ini secara sukses dengan pendekatan, pengalaman, dan gagasan-gagasan saya, juga dengan hal-hal yang masih ingin saya pelajari,” ucap Wagner.

Mengenai proses berliku untuk dapat menjadi pelatih di level atas sepak bola Jerman, Eropa, dan dunia, Sandro Wagner tak ambil pusing. Dia siap menjalani hal itu. “Butuh waktu bertahun-tahun latihan dan banyak pengalaman sebelum saya dapat muncul ke atas. Namun, saya secara sadar menerima hal itu,” kata dia lagi.

Bayern MunichLiga JermanSandro Wagner