Eks Pemain Newcastle Jets Akui Sebagai Penyuka Sesama Jenis

Football5star.com, Indonesia – Sepak bola selama ini dikenal sebagai olahraga maskulin. Walau begitu bagi beberapa pesepak bola hal tersebut bukan menjadi penghalang mereka yang punya kelainan, dalam hal ini orientasi seksual.

Persoalan ini pula yang coba didobrak oleh mantan pemain klub Australia, Newcastle Jets, Andy Brennan. Ia jadi pemain Australia pertama yang mengaku sebagai penyuka sesama jenis.

Orientasi seksual Brennan ini sejatinya sudah berlangsung lama. Tapi ia baru berani mengatakannya pada public ketika sudah tidak bermain lagi di A-League, kasta tertinggi sepak bola Australia.

andy brennan (@SportsMediaLGBT)
@SportsMediaLGBT

“Akhirnya saya bisa keluar dan mengatakan bahwa saya seorang penyuka sesama jenis. Menjadi seorang gay di dunia olahraga, di ruang ganti, sudah jadi beban mental saat mengetahui bagaimana orang-orang di sekitar akan bereaksi,” tulis Brennan di situs resmi Pesepak bola Profesional Australia (PFA), Selasa (14/5/2019).

“Kenyataan ini menjadi tekanan yang terus menghantui saya selama bertahun-tahun. Tapi saya sudah merasa nyaman dengan status ini sejak tahun lalu. Artinya bagian terbesar dalam 10 tahun masa dewasa saya tidak yakin dengan diri sendiri. Sangat sulit menjadi jujur di saat seperti ini,” ia menambahkan.

Saat ini pemain berusia 26 tahun itu bermain untuk klub semi profesional Australia, Green Gully Cavaliers. Ia mengaku rekan setimnya sudah mengetahui soal kelainannya tersebut dan tidak ada masalah dengan hal itu.

“Sangat penting bahwa mereka melihat ada yang berbeda dari saya. Tidak masalah berada di lingkungan olahraga karena orang-orang akan menerima Anda apa adanya,” tandas pemain yang berseragam Newcastle Jets selama dua musim itu.

Comments
Loading...