Eks Sekjen FIFA Dilarang Terlibat Aktivitas Sepak Bola Selama 12 Tahun

Mantan Sekjen FIFA, Jerome Valcke, dijatuhi hukuman 12 tahun tidak boleh terlibat dengan dunia sepak bola. Hukuman ini diputuskan oleh Komite Etik FIFA, Jumat (12/2) lalu. Pria asal Prancis ini juga didenda 91 ribu Euro.

Hukuman ini dijatuhkan setelah penyelidikan membuktikan Valcke bersalah dalam penjualan tiket ilegal Piala Dunia dan penggunaan jet FIFA untuk urusan pribadi. Kesalahannya juga termasuk soal penjualan hak siar Piala Dunia 2018 dan 2022 kepada pihak ketiga dengan harga di bawah persetujuan.

Sebelum penyelidikan, Valcke sudah dijatuhi hukuman sembilan tahun larangan dan denda 67.500 Euro oleh Komite Etik.

“Penyelidikan membuktikan terdapat sebuah perusahaan pemasaran olahraga mendapatkan keuntungan yang bukan haknya dalam penjualan tiket Piala Dunia,” rilis FIFA di situs resmi mereka.

“Dalam hal ini, Mr. Valcke mengetahui namun tidak melakukan apa-apa. Dia malah mendorong pihak tersebut untuk melakukanya. Mr. Valcke berulangkali mendorong perusahaan tersebut melakukan kecurangan dalam perjanjian dengan FIFA,” sambung pernyataan tersebut.

Hukuman kepada Valcke ini menjadi langkah berikutnya dari pihak Komite Etik untuk memberantas praktik kotor di FIFA. Sebelumnya, mantan Presiden FIFA Sepp Blatter dan Presiden UEFA Michel Platini, menerima hukuman delapan tahun larangan beraktivitas di dunia sepak bola pada Desember 2015.

Comments
Loading...